Strategi Guru dalam Pembelajaran Menggali Isi dan Amanat Pantun pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

R, Annisa (2022) Strategi Guru dalam Pembelajaran Menggali Isi dan Amanat Pantun pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
SKRIPSI ANNISA ZAHARA R FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (357kB)

Abstract

R, Annisa Zahara. 2022. Strategi Guru dalam Pembelajaran Menggali Isi dan Amanat Pantun pada siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maryono, S.Pd., M.Pd, (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Pembelajaran Pantun, Isi dan Amanat Pantun Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran menggali isi dan amanat pantun pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 1/IV Kota Jambi. Data penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan observasi pada proses pembelajaran pantun dengan materi menggali isi dan amanat pada pantun, wawancara kepada wali kelas V C, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran menggali isi dan amanat pantun pada siswa kelas V C yaitu siswa membaca pantun secara keseluruhan, siswa membaca pantun dengan teknik membaca cepat scanning, menampilkan pantun acak untuk kemudian siswa susun menjadi pantun yang runtut, siswa melengkapi pantun rumpang dengan kalimat yang benar. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa selain strategi yang digunakan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, sebelumnya guru juga melakukan banyak persiapan, dimulai dari menyiapkan pembelajaran, menyiapkan sarana dan prasarana dalam mendukung proses pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran, penguasaan materi pembelajaran, serta mempersiapkan diri untuk menguasai kelas.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pembelajaran Pantun, Isi dan Amanat Pantun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: R
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:21
Last Modified: 20 Jun 2022 02:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34969

Actions (login required)

View Item View Item