Cara Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar Di SDN 182/1 Hutan Lindung Pada PTM Terbatas

Tri Ayu, Melinia (2022) Cara Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar Di SDN 182/1 Hutan Lindung Pada PTM Terbatas. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)

Abstract

ABSTRAK Ayu, Putri Melinia 2022.: Cara Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar di SDN 182/1 Hutan Lindung pada PTM Terbatas: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Arsil, M.Pd. (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Cara Guru Menanamkan, Karakter Disiplin, Masa Pandemi Salah satu nilai karakter yang perlu dikembangkan adalah disiplin. Nilai karakter disiplin sangat penting dimiliki oleh manusia agar kemudian muncul nilai-nilai karakter yang baik lainnya. Pentingnya penguatan nilai karakter disiplin didasarkan pada alasan bahwa sekarang banyak terjadi perilaku menyimpang yang bertentangan dengan norma kedisiplinan. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin menjelaskan mengenai cara guru dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa sekolah dasar di SDN 182/1 Hutan Lindung pada PTM Terbatas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkkan bahwa guru dalam menanamkan karakter disiplin di kelas V SD Negeri 182/1 Hutan Lindung meliputi 4 metode yaitu: metode keteladanan, metode pembiasaan, metode bercerita, metode karya wisata. Adapun cara yang dilakukan oleh guru untuk menanamkan karakter disiplin kepada siswa melalui metode-metode yang digunakan. Diantaranya menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, bercerita, dan metode karya wisata. Dari berbagai metode yang dilakukan oleh guru untuk menanamkan karakter disiplin siswa sudah berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang baik bagi siswa kelas V di SDN 182/1 Hutan Lindung. Dengan adanya metode untuk menanamkan karakter disiplin siswa ini, siswa sudah bisa menerapkan kedisiplinan baik untuk dirinya sendiri maupun terhadap lingkungannya. Misalnya siswa mampu disiplin dalam proses pembelajaran, tertib dalam belajar, tidak malas-malasan lagi, tumbuhnya sikap disiplin, datang ke sekolah dengan tepat waktu, mereka juga mengerjakan tugas dengan baik, mengerjakan pekerjaan rumah (PR) dengan tepat waktu, dan mematuhi aturan sekolah serta hormat kepada guru.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: AYU
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:49
Last Modified: 20 Jun 2022 07:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34996

Actions (login required)

View Item View Item