MOTIVASI SANTRIWATI MENGIKUTI PROGRAM HAFALAN AL QUR’AN DI MA’HAD TAHFIDZUL QUR’AN NURUL ‘ILMI JAMBI

Mardiati, Winda and Mukminin, Amirul and Sulistiyo, Urip (2022) MOTIVASI SANTRIWATI MENGIKUTI PROGRAM HAFALAN AL QUR’AN DI MA’HAD TAHFIDZUL QUR’AN NURUL ‘ILMI JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER aja winda pdf.pdf

Download (60kB)
[img] Text
pengesahan winda.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Abstrak Winda.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB V TESIS WINDA MARDIATI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Winda NEW(1).pdf

Download (161kB)

Abstract

Motivasi santriwati dalam mengikuti program hapalan Al-qur’an di Ma’had Tahfizul Qur’an Nurul Ilmi Jambi. Program Menghapal ini diikuti oleh para siswa yang memang mengikuti pembalajaran di Sekolah Islam Terpadu Nurul Ilmi, baik itu di SD, SMP, Maupun SMA. Ma’had ini mampu menghasilkan para santri yang memiliki hapalan Al-qur’an melebihi hapalan para siswa yang satu kelas dengan santri ma’had. Karnanya, peneliti ingin meneliti tentang motivasi santriwati dalam mengikuti program hapalan. Santri yang mengikuti program hapalan ini juga mengikuti pembelajaran umum di sekolah Islam Terpadu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field reseach dengan metode kualitatif. Adapun pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengambi data dari partisipan yang berjumlah 13 orang, terdiri dari Guru atau musyarifah ma’had, orang tua dari santriwati dan beberapa santriwati yang sudah 3-4 tahun tergabung dalam ma’had tahfidzul qur’an nurul ilmi Jambi. Pentingnya motivasi santriwati mengikuti program hapalan Al Qur’an dengan pertimbangan bahwa motivasi dalam menghafal Al Qur’an yang dimiliki dikarenakan dukungan dari guru, keluarga, dan dari santri itu sendiri. “Al Qur’an adalah firman Allah yang berbahasa arab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui malaikat jibril dan bernilai ibadah bagi yang membacanya. Al Qur’an merupakan pedoman bagi umat Islam sehingga menjadi keharusan bagi muslim untuk mempelajarinya. Tidak sedikit dari muslim yang juga menghafal Al Qur’an tiga puluh juz. Dalam proses menghafal ada berbagai tahapan mulai dari membaca sampai menghafalnya. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam menghafal Al Qur’an, misalnya: waktu menghafal, motivasi, kelancaran membaca Al Qur’an dan sebagainya. Seorang guru harus bisa menguasai karakter dari santriyang menghafal, karna setiap anak memiliki kemampuan berbeda-beda dalam menghafal. Kesulitan semakin terasa jika waktu yang dimiliki tidak banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi santri dalam mengikuti program hapalan. Hasil penelitian, santri termotivasi menghafal karena berharap kemudahan-kemudahan akan didapakan setelah membersamai hari dengan Al Qur’an.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Menghafal Al Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: MARDIATI
Date Deposited: 17 Jun 2022 05:32
Last Modified: 17 Jun 2022 05:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35047

Actions (login required)

View Item View Item