Miswah, Ovi Intan Rena (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DENGAN TEMA BINATANG PADA ANAK USIA DINI DI TK RESTU IBU KECAMATAN MANDIANGIN TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ovi intan rena miswahA1F118037PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DENGAN TEMA BINATANG PADA ANAK USIA DINI DI TK.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN upload.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (95kB) |
Abstract
Miswah, O. I. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dengan Tema Binatang Pada Anak Usia Dini Di TK Restu Ibu Kecamatan Mandiangin Tahun Ajaran 2021/2022: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si. (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Tema Binatang Pada pembelajaran di TK masih kurang media pembelajaran yang menggunakan teknologi sehingga pembelajaran tema binatang masih terfokus dengan penggunaan media konvensional dan membuat peserta didik merasa bosan, untuk mengurangi kendala tersebut diperlukan sebuah media pembelajaran video animasi agar menarik dan merangsang daya imajinasi anak usia dini serta agar dapat digunakan dalam pembelajaran luring maupun daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan produk media pembelajaran, untuk mengetahui respon mahasiswa PGPAUD dan guru TK Restu Ibu Mandiangin, dan untuk mengetahui minat peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi dengan tema binatang ternak. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian research and development dengan menerapkan model ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam riset ini dimulai dari analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa angket dan lembar observasi dengan data yang diperoleh berupa kuantitatif dan kualitatif. Pada uji Kelayakan video diperoleh hasil dari validasi ahli media yang dilakukan sebanyak 2 kali dengan perolehan persentasi pada validasi I 96,1% dalam kategori sangat baik dan validasi ke II memperoleh nilai persentase 100% dengan kategori sangat baik serta layak untuk dilakukan uji coba. Hasil validasi ahli materi dilakukan sebanyak 3 kali dengan hasil validasi I 65,4% dengan kategori baik, validasi ke II 71,7% dalam kategori baik serta validasi ke III memperoleh nilai 96,1% dengan kategori sangat baik dan dinyatakan layak tanpa revisi. Data penelitian diperoleh dari penyebaran angket terbuka dan tertutup yang disebarkan kepada responden yaitu mahasiswa yang berjumlah 54 orang dengan hasil 91,6% dan guru berjumlah 5 orang diperoleh hasil persentase 97,5% dengan kategori sangat baik, selanjutnya video animasi diuji coba pada kelompok kecil yaitu peseta didik TK Restu Ibu Mandiangin yang berjumlah 15 peserta didik dengan metode observasi memperoleh hasil bahwa media video animasi tema binatang dapat menarik minat dan perhatian peserta didik dalam belajar tema binatang hal ini terbukti dengan 4 aspek penilaian untuk minat siswa terpenuhi ketika menggunakan media pembelajaran video animasi. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran video animasi dengan tema binatang pada anak usia dini di TK Restu Ibu Kecamatan Mandiangin dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta mendapat respon positif dari responden dengan hasil kategori sangat baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Video Animasi, Tema Binatang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | MISWAH |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 03:41 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 03:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35138 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |