Taufik, Budi and Muazza, Muazza and Haryanto, Eddy (2022) Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Kekhasan Sekolah Islam Terpadu :Studi Kasus Di SMP IT Nurul Ilmi 1 Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
CamScanner 06-20-2022 07.37_1.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
CamScanner 06-20-2022 07.37_3.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
CamScanner 06-20-2022 07.37_4.pdf Download (611kB) |
![]() |
Text
CamScanner 06-20-2022 07.37.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
CamScanner 06-20-2022 07.37 (1).pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis Perencanaan pendidikan Karakter kekhasan sekolah Islam Terpadu di SMP IT Nurul Ilmi 1 Jambi‟, Menganalisis Pengorganisasian pendidikan Karakter Kekhasan Sekolah Islam Terpadu di SMPIT Nurul Ilmi 1 Jambi‟, Menganalisis Pelaksanaan Pelaksanaan pendidikan Karakter Kekhasan Sekolah Islam Terpadu di SMPIT Nurul Ilmi 1 Jambi‟, dan Menganalisis Pengawasan pendidikan Karakter Kekhasan Sekolah Islam Terpadu di SMPIT Nurul Ilmi 1 Jambi.Penelitian dilakukan dengan metode kulaitatif dan pendekatan studi kasus.Informan pada penelitian berjumlah 8 orang, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana ,koordinator Al Quran, dan perwakilan guru kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan Pendidikan Karakter Kekhasan Sekolah Islam Terpadu di SMPIT Nurul „Ilmi: Setiap program sudah dijabarkan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang pembuatannya sudah dilakukan perstandar mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dari JSIT dan Dinas, dan selanjutnya SKL JSIT bersifat menterjemahkan SKL dari pemerintah dan sudah dibuat per jenjang kelas, pembuatan program pendidikan karakter kekhasan Islam Tepadu dengan konsep bottom up, berdasarkan usulan dari bawah dengan melibatkan guru dalam pelaksanaan program. 2. Pengorganisasian Pendidikan Karakter Kekhasan Sekolah Islam Terpadu di SMPIT Nurul „Ilmi: program Pendidikan Karakter Kekhasan di SMPIT Nurul „Ilmi Kota Jambi dilakukan oleh semua komponen pendukung pendidikan meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan karyawan sesuai dengan peran masing-masing. Pembagian tugas di bawah tanggung jawab wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, tata usaha dan Koordinator Alqur‟an dalam rangka mewujudkan visi sekolah yang sesuai dengan karakter kekhasan SIT. 3. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Kekhasan Sekolah Islam Terpadu di SMP IT Nurul „Ilmi: a. melalui kegiatan pembelajaran dialaksanakan dengan diawali dengan pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) pada langkah pembelajaran yang disingkat TERPADU. b. Adanya kegiatan pembiasaan melalui kegitan: majelis pagi, sholat dhuha, sholat zhuhur, sholat asar dzikir pagi dan petang, Pembinaan Pribadi Islami pada peserta didik yang bersifat rutin dan terevaluasi. c. Kegiatan Pengembangan diri melalui: Pramuka, pelatihan kepemimpinan, Sekolah Kerja Nyata, program kewirausahaan, pembinaan minat dan bakat. 4. Pengawasan Pendidikan Karakter Kekhasan Sekolah Islam Terpadu di SMP IT Nurul „Ilmi: a. Penilaian progam pelaksanaan pendidikan karakter menggunakan standar evaluasi yang telah ditetapkan oleh sekolah bersama yayasan yang telah melibatkan seluruh warga sekolah, masyarakat, serta orang tua. b. Penilaian kelas: bentuk evaluasi yang dilakukan oleh para guru adalah evaluasi kelas terhadap peserta didik.c. Rapat evaluasi internal yang dilaksanakan pada akhir semester.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pendidikan Karakter, Karakter Kekhasan SIT |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Taufik |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 02:50 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 02:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |