ANALISIS SOAL TES FORMATIF BAHASA INDONESIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MUARO JAMBI TAHUN AJARAN 2020/2021 BERORIENTASI PADA HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

Aspriyanti, Legi (2022) ANALISIS SOAL TES FORMATIF BAHASA INDONESIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MUARO JAMBI TAHUN AJARAN 2020/2021 BERORIENTASI PADA HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS). S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
SKRIPSI FIX_LEGI ASPRIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan soal-soal yang berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada soal tes formatif mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas XI IPA tahun ajaran 2020/2021 di SMA Negeri 3 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Muaro Jambi pada Januari 2022. Data penelitian ini diperoleh dengan cara dokumentasi lembaran soal-soal tes formatif untuk dilakukan analisis lebih lanjut serta wawancara guru bahasa Indonesia kelas XI IPA tahun ajaran 2020/2021 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari 30 soal tes formatif kelas XI IPA tahun ajaran 2020/2021 di SMA Negeri 3 Muaro Jambi, sebanyak 29 soal belum termasuk kategori soal HOTS dan 1 soal telah berada pada kategori soal HOTS. Sebanyak 29 butir soal hanya mengukur kemampuan peserta didik pada tahap mengingat dan memahami materi pelajaran yang telah diajarkan sebelumnya. Sehingga butir soal tes formatif ini tidak dapat mengukur kemampuan berpiki tingkat tinggi peserta didik. Adapun saran yang dapat dikemukakan dari penelitian ini yakni bagi para guru bahasa Indonesia kelas XI di SMA Negeri 3 Muaro Jambi untuk dapat melakukan upaya pembuatan soal-soal tes formatif yang berorientasi pada soal HOTS sehingga soal tersebut dapat mengukur proses berpikir siswa pada tingkat menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Pembuatan soal yang berorientasi pada High Order Thinking Skills (HOTS) sangat diperlukan untuk mengasah kemampuan siswa berpikir kritis, kreatif, dan mahir dalam penyelesaian masalah sehingga terwujudnya pribadi yang unggul di masa depan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: ASPRIYANTI
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:36
Last Modified: 21 Jun 2022 06:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35253

Actions (login required)

View Item View Item