massarasa, massarasa and Mukminin, Amirul and Hidayat, Marzul (2022) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA DI SMP. ISLAM TERPADU NURUL ILMI KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
massarasa cover.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
Pengesahan pdf 4.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
Abtrak pdf massarasa.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
massarasa.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustakan pdf 6.pdf Download (463kB) |
Abstract
Peneltian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang utuh tentang Strategi Guru Dalam Menanamkan Beribadah Siswa Pada SMP Islam Terpadu di kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, guru dan obsevasi. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumen. Analisis data menggunakan antara lain: Pengkodean, Pembuatan tema, dan penyajian hasil secara sistematis dalam bentuk rangkuman wawancara dan menarik kesimpulan berdasarkan Data yang disusun. Hasil analisis selanjutnya dibahas dengan teori. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, pertama strategi guru dalam menanamkan kesadaran beribadah siswa dilaksanakan dengan baik yaitu adanya program majlis pagi, majlis dzuhur dan majlis azar kemudian ditambah dengan program Amb (anak mau baik), semua berkaitan tentang strategi guru dalam menanamkan kesadaran beribadah siswa. Kedua strategi pelaksanaan guru dalam menanamkan kesadaran beribadah siswa yaitu adalah adanya pembiasaan pembiasaan yang dilaksanakan oleh siswa kemudian adanya keteladanan guru dan pemberian reward yang siswa/siswi terbaik ibadah. Ketiga sistem evaluasi guru dalam melaksanakan program strategi guru dalam menanamkan kesadaran beribadah siswa diawasi oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bagian kesiswaan kemudian dievaluasi bersama. Keempat, Semua pihak terlibat dalam menanamkan kesadaran beribadah siswa diantaranya kepala sekolah, guru, orang tua dan lingkuangan kelima, terdapat banyak pendukung dalam menanamkan kesadaran beribadah siswa, dan penghambatnya adalah ketika guru tidak melaksanakan amanah dengan baik dan kurang kerja sama dengan orang tua.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru, kesadaran Beribadah, Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Massarasa |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:34 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |