Arianti, Silvia (2022) Penerapan Teori Antrian Pada Sistem Pelayanan Di BPJS Kesehatan Kota Jambi. S1 thesis, matematika.
![]() |
Text
FIX SKRIPSI SILVI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
cover-repositori.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
pengesahan-repositori.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SILVI.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
FIX SKRIPSI SILVI BAB 1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
FIX SKRIPSI SILVI BAB 5.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
FIX SKRIPSI SILVI DAPUS.pdf Download (255kB) |
Abstract
RINGKASAN Antrian merupakan salah satu masalah bidang operasional yang memiliki pengaruh cukup besar bagi sebuah institusi termasuk BPJS. Suatu antrian disebabkan oleh keterbatasan fasilitas pelayanan yang biasanya berhubungan dengan server yang terbatas karena suatu persoalan tertentu, yang mana hal ini sering disebut dengan sistem antrian. BPJS Kesehatan di Kota Jambi memiliki standar operasional prosedur untuk melayani pesertanya yaitu 35 menit untuk setiap layanan. Meskipun BPJS Kesehatan Kota Jambi sudah memiliki standar pelayanannya sendiri, pada kenyataannya waktu yang dibutuhkan peserta untuk mendapat pelayanan hingga selesai melebihi dari standar operasional dimana rata-rata waktu pelayanannya adalah 54 menit 57 detik, sehingga mengakibatkan antrian selama 19 menit 57 detik. Antrian yang timbul tentunya akan membuat pelanggan merasa kurang nyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari kinerja sistem antrian pelayanan peserta BPJS untuk menciptakan pelayanan yang efektif dan efisien. Berdasarkan penelitian dan pembahasan diperoleh model antrian (M/M/3): (FIFO/∞/∞) dimana waktu antar kedatangan berdistribusi Poisson dan laju pelayanan berdistribusi Eksponensial dengan 3 buah server. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa server yang efektif untuk melayani pasien adalah sebanyak 4 server guna meminimalisir waktu menunggu peserta dalam antrian. Efektifitas proses pelayanan peserta dapat ditentukan dengan menghitung distribusi rata-rata kedatangan, distribusi laju pelayanan peserta, peluang masa sibuk sistem, waktu peserta menunggu dalam antrian, waktu menunggu dalam sistem, peluang semua pelayanan menganggur atau tidak ada pasien dalam antrian.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika |
Depositing User: | ARIANTI |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 03:15 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 03:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |