Suhandi, Andi and Pamela, Issaura Sherly and Sidauruk, Pebribella (2022) IMPLEMENTASI KARAKTER BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
A1D118089 PEBRIBELLA SIDAURUK SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan, pengesahan.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (745kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (18kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
Abstract
Kata kunci: Implementasi, Karakter Budi Pekerti, siswa kelas 5 Pada kurikulum 2013, pembentukan sikap sosial yang ada pada diri peserta didik sangat diperhatikan. Dengan memiliki sikap sosial, siswa diharapkan mampu menjadi generasi penerus bangsa yang beraakhlak mulia, mandiri, demokratis, serta bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi karakter budi pekerti pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri 111/I Muara Bulian pada tanggal 22 Februari 2022 hingga 22 Maret 2022. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penlitian fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa implementasi karakter budi pekerti pada siswa kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian bisa dilakukan secara spontan. Misalnya saja kegiatan spontan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan para guru yaitu dengan bersikap ramah antar warga sekolah meneggur dan menasehati peserta didik yang tidak tertib. Seperti saat bel masuk berbunyi dan siswa belum masuk ke kelas, maka guru akan mengingatkan siswa untuk segera masuk. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada saat guru mengetahui adanya perbuatan yang kurang baik ataupun kurang tertib dari peserta didik yang harus dikoreksi pada saat itu juga. Dengan demikian peserta didik tidak akan melakukan tindakan yang tidak baik itu. Dari hasil penelitian ini disarankan supaya guru mampu dalam memaksimalkan pengimplementasian karaktr budi pekerti terhadap peserta didik untuk membentuk perilaku dan tindakan yang berkarakter baik dari peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SIDAURUK |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 04:16 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 04:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |