Strategi Guru Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-1

Mulandari, Susi (2022) Strategi Guru Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-1. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover susi.pdf

Download (41kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
SKRIPSI_SUSI MULANDARI_A1D118149_ 11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Mulandari, Susi. 2022. “Strategi Guru Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Dasar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FKIP Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Drs. Maryono, M.Pd. (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Minat Belajar, Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatar belakangi oleh betapa pentingnya seorang guru dalam mengembangkan minat belajar dalam proses pembelajaran. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwasanya di SD Negeri 268/VI Bunga Antoi memiliki minat belajar yang cukup baik. Mengembangkan minat belajar siswa bersemangat dan senang menjadikan rasa ingin tahu semakin bertambah sehingga pembelajaran akan tercapai dan terlaksana dengan baik. Untuk itu guru perlu menerapkan strategi mengembangkan minat belajar untuk dapat menimbulkan daya tarik bagi siswa agar giat secara aktif dan kreatif dalam mengikuti kegiatan belajar. khususnya mengembangkan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam mengembangakn minat belajar. Adapun rumusan masalah khusus sebagai berikut: penyajian materi yang dirancang,memberikan rangsangan kepada siswa, mengembangkan kebiasaan teratur,meningkatkan kondisi fisik siswa, menyediakan fasilitas yang mendukung, yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan Minat Belajar di masa pandemi covid-19 Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti. Data penelitian diperoleh melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa guru kelas V SDN 268/VI Bunga Antoi memiliki strategi guru dalam mengembangakn minat belajar di masa pandemi Covid-19, strategi tersebut meliputi: penyajian materi yang dirancang, memberikan rangsangan kepada siswa, mengembangkan kebiasaan teratur, meningkatkan kondisi fisik siswa, menyediakan fasilitas yang mendukung.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Minat Belajar, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: MULANDARI
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:37
Last Modified: 30 Jun 2022 07:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35928

Actions (login required)

View Item View Item