Tindak Tutur Asertif Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi

Oktavia, Nuraini (2022) Tindak Tutur Asertif Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indo.

[img] Text
Judul,hal pengesahan, hal persetujuan, kata pengantar,abstrak , dftar isi.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Lampiran data tuturan.pdf

Download (637kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PROSES PENELITIAN.pdf

Download (768kB)

Abstract

ABSTRAK Oktavia, Nuraini .2022 . Tindak Tutur Asertif Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP N 19 Kota Jambi . Skripsi . Jambi : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Penelitian ini membahas tentang jenis-jenis dan makna tindak tutur asertif guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VIII di SMP N 19 Kota Jambi. . Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendapatkan deskripsi objektif tentang tuturan guru dan siswa yang berlangsung dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik simak ,teknik rekam suara dan gambar, teknik catat. Dalam penelitian ini menemukan berbagai jenis-jenis dan makna tindak tutur asertif yang terjadi antara guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia . Adapun tindak tutur yang ditemukan adalah tindak tutur asertif menyatakan, tindak tutur asertif memberitahukan, tindak tutur asertif menyarankan , tindak tutur asertif membanggakan, tindak tutur asertif mengeluh, tindak tutur asertif menuntut , tindak tutur asertif melaporkan , tindak tutur menjelaskan , tindak tutur asertif menunjukkan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa tindak tutur yang dominan adalah tindak tutur asertif memberitahukan. Makna yang ditemukan dalam analisis penelitian ini cukup beragam sesuai dengan konteks yang melatar belakangi tuturan itu dituturkan baik makna secara langsung dan tidak langsung , dengan maksud mengartikan tuturan yang ada sehingga prnutur dan mitra tutur dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan lancar. Hasil dari penelitian ini sebagai upaya membuktikan bahwa untuk memahami maksud dari suatu tuturan, baik penutur maupun mitra tutur harus mampu memahami konteks situasi tuturan yang melatar belakangi tuturan tersebut ketika diucapkan . Dengan demikian, komunikasi yang terjadi antara penutur dan mitra tutur akan dikatakan berhasil dan tidak menimbulkan kesalah pahaman dalam penafsiran maksud tuturan. Kata Kunci: Tindak Tutur Asertif , Pembelajaran Bahasa Indonesia

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: OKTAVIA
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:25
Last Modified: 04 Jul 2022 02:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35947

Actions (login required)

View Item View Item