Syafriani, Ade (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA KELAS IV TEMA 6 SUBTEMA 1 MENGENAI AKU DAN CITA-CITAKU DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PGSD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ADE SYAFRIANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB I ADE SYAFRIANI.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
BAB V ADE SYAFRIANI.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
DAFPUS ADE SYAFRIANI.pdf Download (220kB) |
Abstract
ABSTRAK Syafriani, Ade 2021/2022:” Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Kelas IV Tema 6 Subtema 1 Mengenai Aku dan Cita-citaku di Sekolah Dasar”: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd,.M.Si (2) Alirmansyah, S.Pd,. M.Pd. Kata Kunci : Strategi guru, Kesulitan Belajar, Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada kelas IV tema 6 Subtema 1 Mengenai Aku dan Cita-citaku. Dengan rumusan masalah Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada kelas IV tema 6 Subtema 1 Mengenai Aku dan Cita-citaku? Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 121/I Muara Singoan. Penelitian ini ada penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data yang diperlukan berupa teks deskripsi mengenai strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada kelas IV , yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara dari sumber data yaitu guru kelas dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa siswa kelas IV mengalami kesulitan belajar diantaranya peserta didik tidak bersemangat saat pelajaran, siswa kurang kreatif dalam mengambangkan materi, siswa tidak percaya diri dll yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik yaitu pengumpulan data, pengolahan data, diagnosis, prognosis, treatment/perlakuan dan evaluasi. Guru memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik seperti yang telah direncanakan, motivasi dan dorongan yang guru berikan berguna agar anak menjadi lebih aktif, kreatif dan lebih bersemanat dalam menjalankan pembelajaran di kelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan belajar, staretegi guru, strategi guru mengatasi kesulitan belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | SYAFRIANI |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 07:06 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 07:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35963 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |