Dwi Astuti, Suci Rahma (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI GELOMBANG SMA KELAS XI. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
A1C318080_SUCI RAHMA DWI A.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
SURAT PENGESAHAN.pdf Download (296kB) |
Abstract
Salah satu yang harus disiapkan guru sebelum melaksanakan pembelajaran, yaitu dengan mendesain perangkat pembelajaran untuk digunakan pada proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran ini berfungsi sebagai pedoman untuk pelaksanaan pembelajaran agar pembelajaran berlangsung efektif dan efisien, serta lebih menarik dan dapat memotivasi peserta didik dalam berperan aktif dalam pembelajaran. Masih banyak sekolah yang ada di Kota Jambi salah satunya SMAN 2 Kota Jambi ternyata banyak yang belum mengenal tentang kearifan lokal baik itu guru maupun peserta didik, hal ini sesuai dengan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti. Selain itu, kearifan lokal tersebut juga belum dikaitkan dengan pembelajaran fisika. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara guru yang mengajar pelajaran fisika di SMAN 2 Kota Jambi bahwa pembelajaran fisika kebanyakan dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi untuk kearifan lokal itu sendiri belum ada karena guru juga belum memahami dalam mengaitkan pembelajaran fisika dan perangkat pembelajaran yang digunakan. Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang kurang efektif dalam proses pembelajaran. Selain itu, perangkat pembelajaran merupakan salah satu penunjang keberhasilan guru dalam mengajar dengan mudah dan kreatif serta peserta didik menjadi aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal materi gelombang bunyi untuk SMA kelas XI. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, namun peneliti membatasi sampai tahap develop. Perangkat pembelajaran ini telah dikembangkan dan dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Hasil pengembangan penelitian ini berupa perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal materi gelombang bunyi untuk SMA kelas XI. Adapun tingkat kelayakan dari produk yang dikembangkan mendapatkan hasil 94% dengan kategori sangat baik pada ahli materi, 97% dengan kategori sangat baik pada ahli media, dan 94% dengan kategori sangat baik pada guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal materi gelombang bunyi untuk SMA kelas XI layak untuk digunakan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Musik Tradisional, Perangkat Pembelajaran, Bunyi, Pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | ASTUTI |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 06:41 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 06:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |