Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Tema 7 Subtema 1 Benda Hidup Dan Benda Tak Hidup Di sekitar Kita Di Kelas I Sekolah Dasar

Fahroji, Oji (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Tema 7 Subtema 1 Benda Hidup Dan Benda Tak Hidup Di sekitar Kita Di Kelas I Sekolah Dasar. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (378kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL OJI FAHROJI A1D118177.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Pengembangan, Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku, Multimedia interaktif. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berupa aplikasi pembelajaran yang valid dan praktis. Hasil pengembangan kemudian dilakukan ujicoba ke SDN 166/I Olak Rambahan pada kelas I dengan jumlah peserta didik sebanyak 14 orang. Media pembelajaran sangat diperlukan pada saat proses pembelajaran. Salah satunya adalah Multimedia interaktif aplikasi pembelajaran pada tema 7 subtema 1 benda hidup dan benda tak hidup di sekitar kita. Aplikasi pembelajaran ini dirancang dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dimana terdapat 5 fase atau tahapan utama, diantarnya analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Yang dilakukan di SDN 166/1 Olak Rambahan di Kabupaten Batanghari. Data penelitian diperoleh dari validasi materi dan validasi bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validasi oleh ahli materi berjumlah 100% yang termasuk dalam katagori sangat valid, oleh ahli media atau alat peraga berjumlah 100% yang termasuk dalam katagori sangat valid, kepraktisan dari respon guru sebanyak 98% yang termasuk dalam katagori sangat praktis dan respon peserta didik berdasarkan hasil wawancara dengan peserta didik yang menyatakan bahwa aplikasi yang digunakan mudah digunakan dan terdapat video pembelajaran yang tidak membuat bosan, dan peserta didik tertarik belajar menggunakan aplikasi pembelajaran dan dapat disimpukan bahwa aplikasi dikategorikan praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif aplikasi pembelajaran pada subtema 1 benda hidup dan tak hidup di sekitar kita di kelas I sekolah dasar termasuk dalam katagori valid dan praktis.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku, Multimedia interaktif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: FAHROJI
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:01
Last Modified: 01 Jul 2022 03:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35996

Actions (login required)

View Item View Item