Satrina, Khovivah Nilva (2022) PROBLEMATIK ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI KEGIATAN BELAJAR PADA ANAK SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PGSD.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (569kB) |
![]() |
Text
Halam persetujuan, pengesahan.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (292kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana problematik orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar pada anak sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data pada penelitian ini adalah orang tua siswa kelas III SD Negeri 45/1 Sridadi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kemudian ditarik kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian keabsahaan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: Problematik orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yaitu, pertama, orang tua yang kurang memiliki waktu dalam mendampingi dan membimbing anak belajar di rumah, karena orang tua yang memiliki kesibukan seperti bekerja dan mencari nafkah. Kedua, kurangnya pengetahuan orang tua terhadap materi pelajaran anak yang disebabkan adanya perbedaan kurikulum dan juga tingkat pendidikan orang tua yang tergolong rendah sehingga menghambat dan kurang maksimal dalam membimbing anak. Ketiga, kesulitan dalam mengoperasikan gadget dan menyediakan kuota internet untuk pembelajaran secara daring. Keempat, orang tua kesulitan dalam meningkatkan minat serta menumbuhkan motivasi belajar pada anak. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pendampingan belajar anak oleh orang tua tidak selalu berjalan lancar melainkan terdapat hambatan atau adanya problematik orang tua dalam pendampingan belajar anak. Dari hasil penelitian diharapkan orang tua mampu dalam memaksimalkan pendampingannya terhadap kegiatan belajar anak agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Satrina |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 02:22 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 02:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36007 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |