Marlina, Leni and Haryanto, Eddy and Yanto, Yanto (2022) Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Boarding School di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
Bab.5.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (156kB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan bagian integral yang sangat penting dalam satuan pendidikan Indoensia. Pendidikan karakter dianggap hal yang sangat penting dikarenakan dapat menjadi sarana untuk membentuk perilaku yang baik. oleh sebab itu diperlukan manajemen pendidikan yang baik secara keseluruhan dari segi intelektual, teknis, psikologi, sosial, moral, dan religius peserta didik. Pendidikan karakter adalah keseluruhan dinamika relasional antara pribadi dengan berbagai macam dimensi, baik dari dalam maupun dari luar dirinya, agar pribadi tersebut semakin dapat menghayati kebebasan sehingga dapat bertanggung jawab atas pertumbuhan dirinya sendiri sebagai pribadi dan perkembangan orang lain dalam hidup mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep perencanaan, implementasi program, dan evaluasi manajemen pendidikan karakterberbasis boarding school pada siswa di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya deskriftif dengan menggunakan rancangan model studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan menggunakan model analisis Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Penelitian ini menemukan: (1) Konsep perencanaan pendidikan karakter di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Jambi berbasis boarding school (a) dirancang sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah, (b) dengan menerapkan nilai-nilai karakter yang khas yakni PAKSA (Pray, Attitude, Knowledge, Skill, Action), (c) sekolah juga berpatokan pada nilai-nilai karakter bangsa dan (d) membingkai beberapa nilai pokok untuk dijadikan karakter institusi sebagaiman disebutkan dalam rapor siswa, yaitu kedisiplinan, kemandirian, kebersihan, kesehatan, tanggungjawab, sopan santun, percaya diri, kompetitif, hubungan sosial, kejujuran dan pelaksanaan ibadah ritual. (2) Implementasi manajemen pendidikan karakter pendidikan di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Jambi Boarding School (a) mengintegrasikan pendidikan karakter ke seluruh mata pelajaran, (b) mengintegrasikan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakulikuler, (c) menerapkan keteladanan, (d) pembiasaan rutin sehari-hari di boarding school, dan (e) kegiatan spontan. (3) Evaluasi manajemen pendidikan karakter pendidikan di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Jambi Boarding School (a) evaluasi secara formal, (b) evaluasi dari pihak kepala sekolah hingga guru, dan (c) evaluasi yang terintegrasi dengan asrama dan kegiatan siswa lainnya.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pendidikan Karakter, Boarding School |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Marlina |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 02:57 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 02:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |