Penerapan Media Poster Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 5 Kota Jambi

Aisyah, Siti (2022) Penerapan Media Poster Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 5 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (57kB)
[img] Text
SITI AISYAH SKRIPSI-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Kata Kunci : penerapan, media poster, teks persuasi Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan media poster serta upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada materi menulis teks persuasi bahasa Indonesia di kelas VIII A SMP Negeri 5 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik penelitian yang digunakan dengan teknik mengumpulkan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan anlisis data kualitatif kuantitatif. Penerapan media poster menunjukkan adanya peningkatan kualitas proses dan kualitas hasil belajar pada materi teks persuasi. Peningkatan dapat diketahui melalui tahapan pra siklus, siklus satu, dan siklus dua. Keterlibatan siswa dalam proses belajar menjadi lebih aktif, dengan keterlibatan siswa aktif sebanyak 13 siswa, 3 terlibat secara pasif, dan hanya 1 yang tidak terlibat. Sementara itu hasil belajar siswa mencapai indikator capaian dengan rata-rata pada pra tindakan sebesar 68,4, pada siklus 1 sebesar 73,4, dan pada siklus 2 menjadi 78,3. Peningkatan hasil belajar ini terjadi dikarenakan adanya refleksi atau perbaikan dari kekurangan-kekurangan pada siklus sebelumnya, sehingga pada siklus selanjutnya muncul perubahan tindakan serta respons baik pada penerapan media poster, perilaku antara guru dan siswa di kelas, hingga pemahaman terhadap materi pembelajaran teks persuasi. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan media poster di dalam kelas mampu meningkatkan respon siswa saat belajar menjadi lebih aktif serta meningkatkan hasil belajar siswa rata –rata meningkat menjadi lebih baik dengan adanya perbaikan tindakan pada tiap siklus.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penerapan, media poster, teks persuasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: AISYAH
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:08
Last Modified: 06 Jul 2022 04:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36163

Actions (login required)

View Item View Item