Bulan, Sari (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS ETNOKIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA SMA DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
COVER BARU.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi_Sari Bulan (065).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (23kB) |
Abstract
Salah satu tantangan belajar adalah bagaimana meningkatkan keterampilan abad ke-21, tidak hanya untuk siswa yang memiliki kemampuan rendah tetapi juga siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi. Umumnya, siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Namun kenyataannya tidak semua siswa memiliki kemampuan akademik yang tinggi. Faturrahman, dkk (2020) menyatakan bahwa kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat tinggi atau high order thinking (HOT). HOT menjadi salah satu tujuan dari kurikulum 2013 yang harus dicapai siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kolaboratif berbasis etnokimia pada materi larutan penyangga. Dan dapat mengetahui korelasi penerapan model pembelajaran kolaboratif berbasis etnokimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memahami materi larutan penyangga Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Sedangkan desain yang digunakan yaitu mix method. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi tahun ajaran 2021/2022, dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi aktifitas guru dan siswa serta tes essay. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi antara penerapan model pembelajaran kolaboratif berbasis etnokimia dengan kemampuan berpikir kreatif siswa, hal ini ditunjukkan dari nilai korelasi yang didapatkan yaitu 0,278 termasuk dalam kategori rendah dan nilai koefisien determinasinya adalah 7,7% termasuk dalam kategori sangat rendah. Kesimpulan pada penelitian ini adalah: penerapan model pembelajaran kolaboratif berbasis etnokimia terlaksana dengan kategori baik, dan ada korelasi pada kedua variabel, hanya saja termasuk dalam kategori korelasi rendah. Kata kunci : model pembelajaran kolaboraif, etnokimia, kemampuan berpikir kreatif
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kolaboraif, Etnokimia, Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | BULAN |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 02:18 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 02:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |