KENDALA GURU DALAM MENENTUKAN MEDIA YANG TEPAT PADA PEMBELAJARAN PPKn DI MASA PANDEMI

Pratiwi, Nugraheni (2022) KENDALA GURU DALAM MENENTUKAN MEDIA YANG TEPAT PADA PEMBELAJARAN PPKn DI MASA PANDEMI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi Nugraheni Suci Pratiwi NIM A1D118037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pratiwi. 2022. Kendala Guru dalam Menentukan Media yang Tepat Pada Pembelajaran PPKn di Masa Pandemi: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar. FKIP. Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd.,M.Si, Pembimbing (II) Violita Zahyuni, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Kendala Guru, Menentukan Media, Pembelajaran PPKn Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala guru dalam menentukan media yang tepat pada pembelajaran PPKn di masa pandemi di kelas VA SDN 131/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka data akan dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dialami guru dalam menentukan media yang tepat pada pembelajaran PPKn di masa pandemi diantaranya: 1) Kesesuaian materi dan tujuan pembelajaran, dalam hal ini tidak semua materi pada muatan PPKn dapat disampaikan menggunakan media. 2) Karakteristik peserta didik, media yang akan dipilih dan digunakan desuaikan dengan karakter siswa. terutama memahami kondisi fisik siswa. 3) Biaya, dalam pembuatan media biaya yang diperlukan waktu untuk proses pencairan dananya dari pihak sekolah cukup lama. Guru harus membuat proposal terlebih dahulu untuk mengajukan anggaran dana kepada kepala sekolah untuk pembuatan media pembelajaran. 4) Sarana dan prasarana, ditemukan bahwa sarana dan prasarana yang tersedia kurang memadai seperti hanya memilki 2 proyektor yang bisa digunakan guru dalam menunjang proses pembelajaran yang berlangsung. 5) Waktu yang diperlukan, kurangnya waktu dalam proses membuat media menjadi salah satu kendala bagi guru. Usaha guru dalam mengatasi kendala-kendala yang terjadi tersebut dianataranya: 1) Mengatur posisi duduk siswa yang mengalami gangguan penglihatan, agar media yang digunakan guru dapat dilihat dengan jelas oleh siswa. 2) Memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, menggunakan biaya sendiri untuk membuat sebuah media yang akan digunakan. 3) Memanfaatkan waktu luang di sela-sela jam sepulang sekolah, guru memanfaatkan waktu tersebut untuk membuat media yang akan digunakan sehabis pulang sekolah. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini, kendala yang dialami guru dalam menentukan media yang tepat pada pembelajaran PPKn diantaranya: biaya, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya waktu dalam membuat sebuah media. Adapun usaha yang dilakukan guru yaitu: memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, memanfaatkan waktu pulang sekolah untuk membuat media, melakukan koordinasi dengan guru lain jika ingin menggunakan fasilitas yang tersedia di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kendala Guru, Menentukan Media, Pembelajaran PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: PRATIWI
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:38
Last Modified: 11 Jul 2022 01:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36611

Actions (login required)

View Item View Item