Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Materi Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha Di Indonesia Siswa Kelas X MIPA 7 SMA N 1 Kota Jambi

Manurung, Yessica (2022) Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Materi Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha Di Indonesia Siswa Kelas X MIPA 7 SMA N 1 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI YESSICA_A1A218013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (153kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (343kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Manurung, Yessica.2022. Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Materi Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha Di Indonesia Siswa Kelas X MIPA 7 SMA N 1 Kota Jambi. Pembimbing (I)Dr.Drs.Maizar Karim, M.Hum,. Pembimbing (II)Apdelmi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci : Flipped Classroom, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan yang dialami oleh siswa kelas X MIPA 7 SMA N 1 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2022/2023 untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom materi Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Kota Jambi pada April-Mei 2022. Data pada penelitian ini diperoleh dengan cara dilakukan tes berupa soal-soal mengenai mata pelajaran yang diajarkan pada siswa X MIPA 7 dan observasi. Setelah lembar tes selesai dikerjakan maka data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran yang baru yaitu Flipped Classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa X MIPA 7 pada mata pelajaran sejarah, hal ini dapat dilihat dari hasil tes pada siklus I sampai II dengan 6 kali pertemuan yang telah dilaksanakan. Pada siklus I nilai KKM berjumlah 19 siswa dengan presentase 52,77 % siswa. siswa yang tidak tuntas berjumlah 17 siswa dengan persentase 42,22 %. Pada siklus II dari 36 keseluruhan jumlah siswa pada siklus II yang mendapat nilai KKM berjumlah 36 siswa dengan presentase 100 % siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih kreatif memilih penggunaan model pembelajaran dan memperhatikan kebutuhan siswa agar siswa memiliki minat atau semangat dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: MANURUNG
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:27
Last Modified: 14 Jul 2022 03:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36819

Actions (login required)

View Item View Item