Manurung, Yessica (2022) Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Materi Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha Di Indonesia Siswa Kelas X MIPA 7 SMA N 1 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
|
Text
SKRIPSI YESSICA_A1A218013.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text
COVER.pdf Download (153kB) |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (343kB) |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (284kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (277kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (149kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
Abstract
ABSTRAK Manurung, Yessica.2022. Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Materi Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha Di Indonesia Siswa Kelas X MIPA 7 SMA N 1 Kota Jambi. Pembimbing (I)Dr.Drs.Maizar Karim, M.Hum,. Pembimbing (II)Apdelmi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci : Flipped Classroom, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan yang dialami oleh siswa kelas X MIPA 7 SMA N 1 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2022/2023 untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom materi Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Kota Jambi pada April-Mei 2022. Data pada penelitian ini diperoleh dengan cara dilakukan tes berupa soal-soal mengenai mata pelajaran yang diajarkan pada siswa X MIPA 7 dan observasi. Setelah lembar tes selesai dikerjakan maka data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran yang baru yaitu Flipped Classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa X MIPA 7 pada mata pelajaran sejarah, hal ini dapat dilihat dari hasil tes pada siklus I sampai II dengan 6 kali pertemuan yang telah dilaksanakan. Pada siklus I nilai KKM berjumlah 19 siswa dengan presentase 52,77 % siswa. siswa yang tidak tuntas berjumlah 17 siswa dengan persentase 42,22 %. Pada siklus II dari 36 keseluruhan jumlah siswa pada siklus II yang mendapat nilai KKM berjumlah 36 siswa dengan presentase 100 % siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih kreatif memilih penggunaan model pembelajaran dan memperhatikan kebutuhan siswa agar siswa memiliki minat atau semangat dalam proses pembelajaran.
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Flipped Classroom, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | MANURUNG |
| Date Deposited: | 14 Jul 2022 03:27 |
| Last Modified: | 14 Jul 2022 03:27 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36819 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
