Pematuhan dan Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Berdiskusi pada Teks Persuasi Kelas VIII E SMPN 5 Kota Jambi

Ermayanti, Gustina (2022) Pematuhan dan Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Berdiskusi pada Teks Persuasi Kelas VIII E SMPN 5 Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indo.

[img] Text
SKRIPSI full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover dll.pdf

Download (209kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (394kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (477kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pematuhan dan pelanggaran prinsip keja sama dalam berdiskusi pada teks persuasi kelas VIII E di SMPN 5 Kota Jambi.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi yang meliputi teknik sadap yaitu simak bebas libat cakap (SBLC), teknik catat, dan teknik rekam. Objek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII E SMPN 5 Kota Jambi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan kurang dari 1 bulan dengan empat kali pertemuan yang di setiap pertemuannya berlangsung selama 2 jam pembelajaran. Hasil yang ditemukan berupa tuturan siswa dan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Di setiap pertemuan ditemukan temuan yang sama dalam pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama. Pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama pada pertemuan pertama siswa cenderung pasif dalam berdiskusi. Pada pertemuan kedua siswa mulai aktif, sedangkan di pertemuan ke tiga dan empat peneliti menemukan bentuk penyebab dari pelanggaran prinsip kerja sama beserta faktor penyebab pelanggaran prinsip kerja sama. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna dalam pembelajaran bahasa Indonesia serta bagi peneliti lain yang khususnya pada kajian pragmatik

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: ERMAYANTI
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:49
Last Modified: 15 Jul 2022 03:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37005

Actions (login required)

View Item View Item