Putra, M. Rizki Dwi (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI KOLOID SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
Abstract
Putra, M. Rizki Dwi. 2022. Pengembangan E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Koloid SMA. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (I): Prof. Dr. rer. nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si. (II) Drs. Fuldiaratman, M.Pd. Kata kunci: e-Modul, pendidikan karakter, koloid Materi koloid merupakan salah satu materi kimia kelas XI pada kurikulum 2013. Materi koloid berisikan konsep dan penerapan pada kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter berperan sebagai suatu pendekatan untuk mengaitkan pembelajaran koloid dengan kehidupan sehari-hari yang nantinya akan diubah menjadi suatu nilai-nilai karakter. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran yaitu e-Modul kimia berbasis pendidikan karakter pada materi koloid, mengetahui kelayakan e-Modul menurut ahli media dan ahli materi, dan mengetahui penilaian guru serta respon siswa terhadap prosuk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif (saran dan komentar) dan analisis kuantitatif (skor penilaian). Dari penelitian ini didapat hasil bahwa media pembelajaran yang dikembangkan yaitu e-Modul kimia berbasis pendidikan karakter pada materi koloid mendapat hasil kelayakan dari ahli materi sebesar 4,3 (sangat layak), ahli media sebesar 4,25 (sangat layak), penilaian guru sebesar 4,46 (sangat layak), dan persentase respon siswa sebesar 88,67% (sangat baik). Berdasarkan hasil yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa e-Modul kimia berbasis pendidikan karakter pada materi koloid sudah layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-Modul, pendidikan karakter, koloid |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | PUTRA |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 01:54 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 01:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |