Radiah, Radiah (2022) ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STEM DAN KORELASINYA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI MIPA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (565kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RADIAH (A1C118045).pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 menekankan adanya pendekatan ilmiah yang melibatkan keterampilan yaitu mengamati, menanya, mencoba, dan mengolah informasi. Maka diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menumbuhkan keterampilan proses sains peserta didik yaitu model Problem Based Learning berpendekatan STEM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan model Problem Based Learning berbasis STEM dan korelasinya dengan keterampilan proses sains peserta didik pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Islam Al Falah Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Metode yang digunakan adalah Mix-Method. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak 24 peserta didik dikelas XI IPA 2. Pengambilan data menggunakan instrument lembar observasi penerapan model Problem Based Learning berbasis STEM oleh guru dan peserta didik serta lembar observasi keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment (rxy). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara penerapan model Problem Based Learning berbasis STEM dengan keterampilan proses sains peserta didik yang terbukti dengan hasil hitung uji r = 0,95 termasuk kategori sangat kuat dan uji koefisien determinasi (KD) sebesar 90,25%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbasis STEM oleh guru dan peserta didik pada materi hidrolisis garam dikelas XI IPA 2 SMA Islam Al Falah Jambi terlaksana dengan baik dengan persentase sebesar 77,11% dan korelasi penerapan model Problem Based Learning berbasis STEM dengan keterampilan proses sains peserta didik termasuk dalam kategori sangat kuat. Kata Kunci: Problem Based Learning, STEM, Keterampilan Proses Sains, dan Hidrolisis garam.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, STEM, Keterampilan Proses Sains, dan Hidrolisis garam. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Radiah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 06:54 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 06:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |