Penerapan Media Busy Blok Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Negeri 209/IV Jambi

Iksan, Bagas (2022) Penerapan Media Busy Blok Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Negeri 209/IV Jambi. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
A1D118090_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (215kB)
[img] Text
halaman persetujuan & pengesahan.pdf

Download (353kB)
[img] Text
ABSTRAK BAGAS.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I BAGAS.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB V BAGAS.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA BAGAS.pdf

Download (399kB)

Abstract

ABSTRAK Iksan, Bagas. 2022. Penerapan Media Busy Book dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Negeri 209/IV Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Maryono, M.Pd. (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Busy Book, kemampuan, membaca, siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media busy book dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas II SD Negeri 209/IV Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara dengan guru dan siswa, dan tes yang dilakukan kepada guru dan siswa. Kemudian data di analisis secara kualitatif dengan mendeksripsikan peningkatan kemampuan membaca siswa dengan media Busy Book dan secara kuantitatif berupa skor kemampuan membaca siswa. Hasil dari penelitian ini adalah 23 siswa mampu membaca dengan media media busy book sementara 3 siswa belum bisa membaca, dengan rata-rata 71, 3%. Penggunaan media busy book yang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam kegiatan pembelajaran adalah dengan permainan susun huruf dan susun kata, mengeja dengan huruf alfabet yang disediakan di dalam busy book, dan membaca nama gambar benda di dalam busy book. Simpulan dari penelitian ini penggunaan media busy book efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Jenis kegiatan yang membuat siswa aktif adalah permainan susun kata dan susun huruf secara berkelompok.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Busy Book, kemampuan, membaca, siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: IKSAN
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:34
Last Modified: 18 Jul 2022 03:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37287

Actions (login required)

View Item View Item