Afiza, Nurul and Salim, Agus and Dewi, Yusra (2022) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASIC LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI DI KELAS VIII SMP NEGERI 24 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI NURUL AFIZA 8 FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
bab 4.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
Persetujuan_merged (1).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (270kB) |
Abstract
Afiza, Nurul 2022. Implementasi Model Problem Basic Learning (PBL) dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi di Kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Agus Salim, M.Pd., (II) Dra. Hj. Yusra D., M.Pd. Kata kunci: Implementasi, Model Problem Basic Learning, Teks Persuasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Model Problem Basic Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Jambi yang ditinjau dari segi kemampuan pengetahuan siswa. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian, adanya penerapan model Problem Basic Learning (PBL) yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran teks persuasi ini sangat berguna dalam meningkatkan kemampuan siswa dan menunjang kreatifitas siswa dalam berpikir, oleh karena itu model Problem Basic Learning (PBL) tidak berhasil diterapkan oleh guru dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Jambi. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran PBL (Problem Basic Learning) tidak berhasil digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasi, ini dibuktikan siswa dengan menulis beberapa fenomena berdasarkan ruang lingkup yang dialami dirinya atau yang dialami orang lain, baik itu fenomena alam maupun fenomena sosial. Dalam penelitian ini membangun keterampilan siswa dalam berpikir kritis dalam memberikan pengalaman belajar dengan proses pembelajaran yang mudah dipahami. Oleh karena itu, model pembelajaran yang diterapkan adalah model berbasis masalah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Afiza |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 07:05 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 06:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37983 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |