PRATIWI, OKTAVIA (2022) Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E Berbantuan Edmodo Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Reaksi Redoks. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
judul.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (641kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
LAMPIRANN.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI OKTAVIA PRATIWI FIXXXXX.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
Abstract
Keterampilan proses sains merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan siswa melalui proses belajar, aktivitas dan kreativitas dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap ilmiah. Studi pendahuluan menunjukkan keterampilan proses sains di kalangan peserta didik khususnya pada mata pelajaran kimia di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti masih rendah, hal ini disebabkan proses pembelajaran di sekolah kurang melatih keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sains yang masih rendah dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran yang mengembangkan cara belajar siswa aktif menemukan sendiri dalam memperoleh pengetahuan baru dengan metode-metode ilmiah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model Learning Cycle 7E berbantuan Edmodo terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi reaksi redoks di SMAN Titian Teras H.Abdurrahman Sayoeti. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experiment dengan desain penelitian Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian melibatkan siswa kelas X MIPA 2 dan X MIPA 4 di SMAN Titian Teras H.Abdurrahman Sayoeti dengan jumlah masing-masing sebanyak 35 dan 36 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 7E oleh guru dan siswa, lembar observasi keterampilan proses sains siswa, dan tes esai. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan Thitung > Ttabel, sehingga Ha diterima, serta pada pelaksanaan model Learning Cycle 7E oleh guru dan siswa berturut-turut diperoleh persentase sebesar 80,16% dan 83,33% dengan kategori sangat baik dan persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 84,86% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model Learning Cycle 7E berbantuan Edmodo terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi reaksi redoks di SMAN Titian Teras H.Abdurrahman Sayoeti.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN EDMODO |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Pratiwi |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 07:00 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 07:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |