Pengaruh penggunaan media gambar animasi terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP negeri 4 kerinci

Reni, Sah (2022) Pengaruh penggunaan media gambar animasi terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP negeri 4 kerinci. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
SKRIPSI SAHRENI BINDO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI RENI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
halaman pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (379kB)

Abstract

Media gambar animasi merupakan salah satu media yang dirangkai dari potongan gambar yang terlihat hidup dan dapat bergerak, dan merupakan salah satu media pembelajaran yang berfungsi untuk membantu siswa dalam pembelajaran teks puisi. Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh penggunaan media gambar animasi terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kerinci. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Setelah didapatkan kemudian data dianalisis dengan tiga tahap yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Ditinjau dari hasil penelitian menunjukkan dalam pembelajaran bahasa indonesia khususnya materi puisi dengan menggunakan media gambar animasi termasuk kategori baik. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa meningkat, yang awalnya nilai rata-ratanya pretest kelas eksperimen 53 setelah dilakukan posttest nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81 begitu juga kelas kontrol nilai pretest 49 dan posttestnya 82. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh saat mengunakan media gambar animasi sebagai media pembelajaran pada materi puisi. Hal ini dibuktikan dengan nilai N-gain yang diperoleh yaitu 0,58 maka nilai uji N-gain ini berinterprettasi sedang. Juga persentase yang didapatkan yaitu 58 % maka penggunan media gambar animasi ini cukup efektif atau baik untuk pembelajaran menulis puisi. Nilai probabilitas (signifikan) yang diperoleh dari uji hipotesis adalah 0.000, maka Ho ditolak, artinya ada terdapat pengaruh penggunaan media gambar animasi terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Dari hasil penelitin yang diperoleh, sebagai bahan masukan untuk guru memilih media yang baik untuk pembelajaran menulis puisi yaitu dengan menggunakan media gambar animasi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Sahreni
Date Deposited: 19 Sep 2022 07:47
Last Modified: 19 Sep 2022 07:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39455

Actions (login required)

View Item View Item