IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERBASIS MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 TANJUNG JABUNG BARAT

Millendy, Octhama (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERBASIS MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 TANJUNG JABUNG BARAT. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Full Tama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER 2 Lembar.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR ISI TABEL LAMPIRAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran cooperative script dan efektivitasnya terhadap pembelajaran mengkonstruksi teks negosiasi kelas X SMK Negeri 5 Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik eksperimen. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dengan rancangan desain Nonequivalent Control Group Design. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan tes berupa pretest dan posttest kepada siswa (sebagai data utama) dan wawancara dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia (sebagai data penunjang). Setelah data didapatkan, data dianalisis secara kuantitatif dengan uji-t dengan SPSS 25. Hasil penelitian yang diperoleh, rata-rata nilai dari pretest eksperimen (50,00) dan rata-rata nilai dari pretest kontrol (50,58) sedangkan rata-rata nilai dari posttest kelas eksperimen (76,54) dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol (66,54). Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t independent sample test, maka diperoleh nilai nilai t = 3.969 dengan derajat kebebasan (df) = n1 + n2 – 2 = (26 + 26 – 2).  = 0.05 diperoleh Sig. 0,000. Karena nilai Sig. 0,000 < 0,05 menandakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut mengartikan adanya perbedaan signifikan yang nyata antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan, dan penerapan model pembelajaran cooperative script efektif diterapkan dalam materi mengkonstruksi teks negosiasi siswa kelas X di SMK Negeri 5 Tanjung Jabung Barat. Dapat disarankan kepada guru untuk menggunakan model pemebelajaran cooperative script pada proses pembelajaran terutama dalam materi pembelajaran teks negosiasi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: MILLENDY
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:49
Last Modified: 15 Sep 2022 06:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39459

Actions (login required)

View Item View Item