Familani, Erika (2022) Analisis Kesalahan konstruksi Konsep dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Teori Newman (Newman Error Analysis). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
BAB I (1).pdf Download (503kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka (1).pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
A1C218064 SKRIPSI 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Familani, Erika. 2022. Analisis Kesalahan Konstruksi Konsep dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Teori Newman (Newman Error Analysis): Skripsi, jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Jefri Marzal, M.Sc., D.I.T. (II) Dr. Dra. Nizlel Huda, M.kes. Kata Kunci: Kesalahan Konstruksi Konsep, Teori Newman, Barisan dan Deret Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam mengkonstruksi konsep sehingga sering kali terdapat kesalahan siswa ketika diberikan soal ataupun suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan konstruksi konsep siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret berdasarkan teori Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 10 Muaro Jambi. Calon subjek penelitian dari kelas XI MIPA 4 ini terbagi menjadi 4 kelompok berdasarkan prosedur pengerjaan di lembar jawaban, dimana dari tiap kelompok diambil 1 siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar tes yang menggunakan metode think aloud dan wawancara. Peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, dan pemaparan data yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa S1 memenuhi indikator pseudo construction “benar” berdasarkan kesalahan memahami, kesalahan transformasi dan kesalahan keterampilan proses. S2 memenuhi indikator hole construction (lubang konstruksi) berdasarkan kesalahan kesalahan memahami, kesalahan transformasi dan kesalahan keterampilan proses. Sedangkan S3 dan S4 memenuhi indikator mis-logical construction berdasarkan kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Konstruksi Konsep, Teori Newman (Newman Error Analysis), Barisan dan Deret |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FAMILANI |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 08:08 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 08:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |