Analisis Self-efficacy dan Stress Tolerance dalam Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi

Sianturi, Joni and Anggereini, Evita and Aina, Mia (2022) Analisis Self-efficacy dan Stress Tolerance dalam Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Joni Sianturi_A1C418065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tugas akhir atau skripsi merupakan salah satu syarat wajib yang harus diselesaikan mahasiswa program strata satu untuk mendapatkan gelar kesarjanaan. Penyelesaian tugas akhir sering kali dianggap sebagai sebuah tekanan yang berat bagi mahasiswa semester akhir. Sejalan dengan studi pendahuluan berupa wawancara kepada kepegawaian program studi Pendidikan Biologi diketahui bahwa sebanyak 14,2% angkatan 2015, 20,3% angkatan 2016, 32,7% angkatan 2017, dan 100% angkatan 2018 belum lulus. Sehingga perlu diteliti self-efficacy dan stress tolerance mahasiswa dalam penyelesaian tugas. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat self-efficacy dan stress tolerance dalam penyelesaian tugas akhir mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi, keterkaitan demografi mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi terhadap self-efficacy dan stress tolerance dalam penyelesaian tugas akhir, dan mengetahui korelasi self-efficacy dan stress tolerance dalam penyelesaian tugas akhir mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Variabel bebasaadalah self-efficacy dan stress tolerance, sedangkan variabel intervening adalah penyelesaian tugas akhir. Instrumen penelitian dimodifikasi dari New General Self-Efficacy Scale dan Distress Tolerance Scale dengan menggunakan 4 opsi jawaban skala likert. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan Pearson Correlation Coefficient dan Cronbach Alpha. Analisis kategori self-efficacy dan stress tolerance menggunakan statistik deskriptif, mean dan simpangan baku, kecenderungan kategori. Arah, kekuatan, dan nilai hubungan self-efficacy dan stress tolerance dalam penyelesaian tugas akhir menggunakan uji Spearman rank. Hasil penelitian ialah, untuk tingkat self-efficacy yaitu: 14,18% kategori tinggi, 51,85% sedang, dan 33,33% rendah, sedangkan tingkat stress tolerance yaitu: 17,77% tinggi, 62,96% sedang, dan 19,25% rendah. Keterkaitan skor rata-rata self-efficacy dan stress tolerance yang dikelompokkan berdasarkan demografi yaitu: berdasarkan jenis kelamin, perempuan lebih tinggi daripada laki-laki; berdasarkan IPK, skor rata-rata self-efficacy tidak konsisten terhadap kategori IPK, sedangkan skor rata-rata stress tolerance secara konsisten terhadap kategori IPK; berdasarkan uang saku per bulan, secara konsisten terhadap kategori uang saku; berdasarkan gender dosen pembimbing tugas akhir, gender yang sama antara dosen pembimbing 1 dan 2 secara konsisten lebih tinggi daripada yang berbeda gender antara pembimbing 1 dan 2; dan berdasarkan kesesuaian judul atau kajian tugas akhir dengan mata kuliah pilihan, skor rata-rata self-efficacy yang sesuai lebih rendah daripada yang tidak sesuai, sedangkan skor rata-rata stress tolerance yang sesuai lebih tinggi daripada yang tidak sesuai. Serta korelasi self-efficacy terhadap stress tolerance dalam penyelesaian tugas akhir ditentukan koefisien Spearman korelasi adalah + 0,41 yang mana interpretasinya cukup. Kemudian signifikansi hubungan 0,000 < 0,05 yang interpretasinya adalah signifikan. Nilai positif koefisien korelasi Spearman adalah arah hubungan antara variabel adalah saling menguatkan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: self-efficacy, stress tolerance, penyelesaian tugas akhir, demografi, korelasi Spearman
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: SIANTURI
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:53
Last Modified: 20 Sep 2022 01:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39777

Actions (login required)

View Item View Item