AULIA, VEDO (2022) PENGEMBANGAN NASKAH VIDEO PADA MATERI SENAM LANTAI DALAM MENUNJANG POLA GERAK DOMINAN DI SEKOLAH DASAR. S2 thesis, PENDIDIKAN DASAR.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) menguraikan proses pengembangan naskah video pada materi senam lantai untuk menunjang pola gerak dominan di Sekolah Dasar dan (2) mengetahui kualitas naskah video pada materi senam lantai untuk menunjang pola gerak dominan di Sekolah Dasar berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektivannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi prosedur pengembangan ADDIE dengan tahap meliputi: (1) Analysis (analisis), (2) Design (perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 175/III Lindung Jaya, Kerinci. Subjek uji coba terdiri dari 2 guru PJOK dan 31 siswa kelas IV C. Pengumpulan data menggunakan angket validasi naskah video pembelajaran, angket kepraktisan, dan tes pemahaman materi berupa pilihan ganda. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: (1) naskah video pembelajaran pada materi senam lantai dapat menunjang pola gerak dominan di Sekolah Dasar (2) naskah video pembelajaran ini dinyatakan sangat valid dari segi materi dengan skor 115, dinyatakan sangat praktis dari penilaian guru PJOK dengan skor 58,5 dan cukup praktis dari penilaian siswa dengan skor 46,64 serta efektif digunakan dalam pembelajaran dengan ketuntasan sebesar 77,74% yang meningkat dari sebelumnya sebesar 61% atau sebanyak 19 dari 31 siswa.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | AULIA |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 02:21 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 02:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |