Devid, Fandy (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PADA JUAL BELI HEWAN PELIHARAAN SECARA ONLINE DI KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak Skripsi Fandy.pdf Download (642kB) |
![]() |
Text
Skripsi Fandy.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi Fandy.pdf Download (611kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan Skripsi Fandy.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I Skripsi Fandy.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
BAB 4 Kesimpulan Skripsi Fandy.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Skripsi Fandy.pdf Download (227kB) |
Abstract
Transaksi jual beli online pada dasarnya sama dengan jual beli secara langsung, yang membedakan adalah media yang digunakan. Media internet menjadikan jual beli online menjadi lebih efektif dan efisien. Jual beli Hewan Peliharaan secara online menjadi salah satu pilihan dalam menggunakan transaksi melalui dunia internet.Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengetahui dan menganalisis perlindungan hukum terhadap konsumen dalam bertransaksi jual beli hewan peliharaan secara online di Kota Jambi dan Untuk mengetahui dan menganalisa upaya hukum apa yang dapat ditempuh oleh konsumen jika hak-haknya dirugikan dalam transaksi jual beli hewan peliharaan secara online di Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian yuridis empiris, sifat penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif, data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan dan studi kepustakaan, alat pengumpulan data yang dilakukan yaitu studi dokumen dan pedoman wawancara, dan analisa data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah analisa kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Konsumen pada jual beli hewan peliharaan secara online di Kota Jambi memiliki perlindungan hukum dimana dijelaskan di Undang-undang Perlindungan Konsumen. Konsumen yang dirugikan hak-haknya juga dapat melakukan upaya untuk mendapatkan hak-haknya kembali melalui BPSK atau LPKNI. Beberapa media Internet dalam bentuk Aplikasi juga telah menyediakan layanan pengaduan pada aplikasinya agar Konsumen dapat mengupayakan hak-haknya yang telah dirugikan pelaku usaha. Kata Kunci : Jual Beli Online, Perlindungan Konsumen
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Jual Beli Online, Perlindungan Konsumen |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | DEVID |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 07:00 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 07:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41670 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |