PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AN-NISA MUARO JAMBI

Oktaviani, Nengsih (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AN-NISA MUARO JAMBI. S1 thesis, PG_PAUD.

[img] Text
NENGSIH OKTAVIANI_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (438kB)
[img] Text
hlmn persetujuan, pengesahan dll.pdf

Download (385kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)

Abstract

ABSTRAK Nengsih Oktaviani. 2022. Pengaruh Penggunaan Metode Proyek Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam AnNisa Muaro Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd. I., (2) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd Kata Kunci : Penggunaan Metode Proyek, Kemampuan Berhitung Anak Metode proyek bagi anak TK merupakan salah satu cara pemberian pengalaman belajar dengan menghadapkan anak dengan persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan baik secara individu maupun kelompok. Penggunaan metode proyek dalam kegiatan pembelajaran dapat disajikan sebagai kegiatan belajar yang menarik bagi anak. Tujuan utama dari kegiatan dengan metode proyek yaitu dapat memberikan materi secara jelas kepada anak tentang pengenalan konsep bilangan dalam kegiatan menghitung jumlah benda yang telah dibuat oleh anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode proyek terhadap kemampuan berhitung anak pada usia 5-6 tahun di kelas B2 TK Islam An-Nisa Muaro Jambi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode proyek terhadap kemampuan berhitung anak pada usia 5-6 tahun di kelas B2 TK Islam An-Nisa Muaro Jambi? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini termasuk Pre-Eksperimental Design. Populasi penelitian ini berjumlah 54 orang anak, Sampel penelitian ini berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposiv. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, uji Uji homogenitas, uji normalitas, Uji hipotesis Berdasarkan hasil analisis pada test pre test dan post test diperoleh harga thitung sebesar 6,72 bila dibandingkan dengan ttabel 1,7396 maka thitung > ttabel ini menunjukkan terdapatnya pengaruh yang berarti yaitu terdapat pengaruh penggunaan metode proyek terhadap kemampuan berhitung anak di TK Islam AnNisa Muaro Jambi. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan metode proyek terhadap kemampuan berhitung anak di TK Islam An-Nisa Muaro Jambi dengan besaran T hitung (6,72 ) yang lebih besar dari T tabel (1, 7396).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Oktaviani
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:20
Last Modified: 15 Dec 2022 03:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41786

Actions (login required)

View Item View Item