ANALISIS KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI STRATEGI BERKEBUN DI PAUD SIGAM INDAH RANTAU PANDAN

Andela, Rinda (2022) ANALISIS KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI STRATEGI BERKEBUN DI PAUD SIGAM INDAH RANTAU PANDAN. S1 thesis, PG_PAUD.

[img] Text
RINDA ANDELA_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVERRRR.pdf

Download (197kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUANNN.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

ABSTRAK Rinda Andela. 2022. Analisis Kecerdasan Naturalis Anak Uisa 5-6 Tahun Melalui Strategi Berkebun Di PAUD Sigam Indah Rantau Pandan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Dr.Dra. Evita Anggereini, M, Si., (2) Rizki Surya Amanda, M,Pd. Kata Kunci : kecerdasan Naturalis Anak Melalui Strategi Berkebun Penelitian ini peneliti ingin mengenali lebih dalam bagaimana kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di PAUD Sigam Indah Rantau Pandan Kabupaten Bungo melalui strategi berkebun meski dengan berbagai permasalahanpermasalah yang dihadapi. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan guru untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak agar kecerdasan naturalisnya baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kecerdasan naturalis anak melalui strategi berkebun. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 3 guru dan 10 anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yaitu analisis kecerdasan naturalis anak melalui strategi berkebun sudah baik, ini dapat dilihat dari pendidik mengajarkan tentang mengenali jenis tanaman satu dengan tanaman yang lain ank sudah mampu mengenali jenis tanaman satu dengan tanaman yang lain, mengenali bahan alam satu dengan bahan alam yang lainnya, membedakan jenis tanaman satu dengan tanaman yang lainnya, membedakan jenis-jenis bahan alam, serta mengajarkan anak agar mampu mengungkapkan ciri-ciri jenis tanama. Kendala yang dihadapi yaitu ada beberapa anak yang masih kurang baik kecerdasan naturalis nya hal ini disebabkan orang tua kurang memperhatikan kecerdasan naturalis anak ketika dirumah. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di PAUD Sigam Indah Rantau Pandan sudah dijalankan dengan baik oleh guru dan kecerdasan naturalis anak melalui strategi berkebun juga sudah baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Andela
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:20
Last Modified: 15 Dec 2022 03:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41799

Actions (login required)

View Item View Item