PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SMP N 19 KOTA JAMBI

RAMADHAN, ANDRI (2022) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SMP N 19 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI ANDRI RAMADHAN S,PD..pdf

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (169kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Fenomena konsentrasi belajar yang terjadi di SMP N 19 Kota Jambi adalah siswa yang mengobrol dengan teman ketika proses pembelajaran sudah di mulai, merasa jenuh, bosan, dan mengantuk ketika belajar, dan terganggu oleh suara berisik dari dalam kelas maupun dari luar kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tingkat konsentrasi belajar siswa di SMP N 19 Kota Jambi, untuk mengungkapkan tingkat lingkungan belajar di smp n 19 kota jambi, serta mengungkapkan pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap konsentrasi belajar siswa di SMP N 19 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost-facto. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP N 19 Kota Jambi yang berjumlah 192 siswa, dengan sampel sebanyak 129 siswa. Instrumen data yang digunakan adalah angket dengan pengukuran menggunakan model skala likert. Angket tersebut terdiri dari soal pernyataan mengenai variabel lingkungan belajar (X) dan pernyataan konsentrasi belajar (Y). Kemudian data tersebut di olah menggunakan SPSS statistik 25. Hasil penelitian mengenai tingkat konsentrasi belajar siswa di SMP N 19 Kota Jambi dengan nilai 74,93% yang berada pada kualitas baik. Kemudian pada tingkat lingkungan belajar di SMP N 19 Kota Jambi dengan nilai 75,70% yang berada pada kualitas baik. Dilihat dari tabel ANOVA diketahui nilai Sig 0,000<0,05. Pengaruh lingkungan belajar terhadap konsentrasi belajar siswa di SMP N 19 Kota Jambi sebesar 0,469% atau 46,9% yang berada pada “kategori cukup kuat” dengan nilai determinasi di 0,17-0,49. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan belajar di sekolah terhadap konsentrasi belajar siswa di SMP N 19 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH KONSENTRASI BELAJAR SISWA
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works

L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Ramadhan
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:57
Last Modified: 12 Dec 2022 03:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41800

Actions (login required)

View Item View Item