Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs N 5 Kota Jambi

Reanina, Agustina (2022) Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs N 5 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pada proses belajar tidak terlepas dari beberapa faktor yang mendukung keberhasilan dan keberlangsungannya salah satu contoh yang dapat mendukung keberhasilan dan keberlangsungan belajar adalah adanya motivasi, permasalahan perilaku siswa tidak terlepas dari motivasi belajar siswa. Kurangnya motivasi belajar dalam diri peserta didik maka akan berpengaruh pada hasil belajarnya. Terdapat sebagian besar siswa di Mts Negeri 5 Kota Jambi mengalami motivasi belajar yang tergolong rendah. Disinilah layanan penguasaan konten diperlukan agar menghasilkan motif yang kuat dalam belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses dan hasil penerapan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs N 5 Kota Jambi. Pada penelitian ini peneliti membatasi permasalahan penerapan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs N 5 Kota Jambi. Pada penelitian ini peneliti mengsepesifikan layanan penguasaan konten dalam bidang pemahaman siswa dalam menguasai cara atau kebiasaan tertentu untuk mengatasi masalah akan motivasi belajar kelas VIII di MTs Negeri 5 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Layanan (PTL) dengan pelaksanaan layanan penguasaan konten. Subjek dalam penelitian tindakan layanan ini adalah siswa kelas VIII B di MTs N 5 Kota Jambi yang berjumlah 33 orang siswa, yang diambil berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru pembimbing yang mengajar di MTs N 5 Kota Jambi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi/pengamatan, wawancara, dan angket/instrumen. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan masing- masing siklus dilakukan sebanyak 2 tindakan. Didapatkan hasil dari penelitian yang dilakukan, mendapatkan hasil yang terbaik pada siklus ketiga pada tindakan ke II dengan presentase 90% dengan hasil observasi 31 (sangat baik) untuk peneliti dan 30 (sangat baik) untuk hasil observasi siswa dapat dikategorikan tinggi,diperkuat dengan hasil observasi kolaborator, dan pengamatan langsung dari peneliti kepada siswa yang telah mampu meningkatkan motivasi belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa telah mengalami peningkatan dengan diadakanya pelaksanaan layanan penguasaan konten. Kata Kunci : Layanan Penguasaan Konten, Motivasi belajar

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Layanan Penguasaan Konten, Motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Agustina
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:38
Last Modified: 15 Dec 2022 03:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42218

Actions (login required)

View Item View Item