Vebina Sari, Friska (2022) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DIRUMAH OLEH ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Bimbingan Konseling.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
pengesahan dkk.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
skripsi full.pdf Download (1MB) |
Abstract
Bimbingan belajar adalah upaya pemberian bantuan kepada anak untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran, pembelajaran di sekolah menjadi tanggung jawab guru Bimbingan dan Konseling sedangkan di rumah menjadi tanggung jawab orang tua. Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang timbul karena adanya rangsangan dari dalam maupun dari luar sehingga seseorang berkeinginan untuk mengadakan perubahan tingkah laku atau aktivitas tertentu lebih baik dari keadaan sebelumnya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya orang tua yang terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan sehingga mereka tidak memberikan dukungan belajar bagi anak mereka yang berakibat lemahnya motivasi belajar sang anak tersebut. Di SMA N 4 Kota Jambi banyak sekali terjadi kurangnya motivasi belajar siswa karena rata-rata pekerjaan orang tua mereka adalah wiraswasta yang pergi pagi pulang petang sehingga tidak sempat untuk memberikan dorongan belajar bagi anak mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tingkat pentingnya peranan orang tua dalam peningkatan motivasi belajar, mengungkapkan tingkat motivasi belajar siswa dirumah jika di dampingi oleh orang tua dan untuk melihat hubungan antara bimbingan belajar yang dilakukan orang tua dirumah dengan motivasi belajar siswa di SMA N 4 Kota Jambi. Metode penelitian ini adalah korelasional dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi dengan jumlah 81 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik sensus atau sampling total. Hasil penelitian hubungan bimbingan orang tua dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi dikategorikan ke dalam korelasi sedang. Berdasarkan hasil pengolahan angket yang telah disebarkan oleh peneliti. Diketahui bahwa nilai pearson correlation dan analisis korelasi product moment formula panjang adalah sebesar 0,413. Simpulan dalam penelitian ini yaitu tingkat bimbingan belajar dirumah oleh orang tua yaitu sebesar (48,84%), tingkat motivasi belajar siswa berada pada tingkatan sedang dengan persentase sebesar (58,08%), hubungan bimbingan orang tua dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi dikategorikan ke dalam korelasi sedang. Kata Kunci : Bimbingan Belajar di Rumah Oleh Orang Tua, Motivasi Belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 06:40 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42251 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |