Candra, Elisa (2022) Pengembangan e-Komik Kimia Berbasis Teknologi Augmented Reality Berbantuan Instagram Pada Materi Senyawa Hidrokarbon. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran kimia dapat terlaksana dengan baik karena adanya interaksi pembelajaran yang baik antara pendidik dan peserta didik. Proses pembelajaran kimia memerlukan inovasi pembelajaran yang bisa membuat peserta didik tertarik dan memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Maka dari itu di kembangkan e-komik berbasis Augmented reality pada materi senyawa hodrokarbon. Penelitian pengembangan media ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media komik Augmented Reality instagram yang dikembangkan sebagai media pembelajaran materi hidrokarbon kelas XI SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan 2 uji yaitu uji perorangan dan uji kelompok kecil kepada 10 orang siswa di kelas XII MIPA 2. Kelayakan dari media komik instagram ini dapat dilihat dari aspek validitas oleh tim ahli pada media komik instagram. Hasil validitas yang diperoleh menunjukan bahwa media komik instagram yang dikembangkan layak digunakan, dibuktikan dengan kesimpulan dari hasil validasi yang ditinjau dari kriteria media (kesederhanaan, keterpaduan, penekanan, keseimbangan, bentuk, warna) dan materi (isi, bahasa, dan penyajian) sudah layak untuk diujicobakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik instagram mendapatkan respon positif dari guru dengan kesimpulan media sudah bagus dan dapat menambah minat belajar siswa. Hasil dari repon siswa pada uji coba perorangan diperoleh presentase 79,25% yang termasuk kategori “Baik”. Hasil respon siswa pada uji kelompok kecil mendapat presentase sebesar 84% yang termasuk kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-komik kimia sangat baik dan berpotensi digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi senyawa hidrokarbon.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Komik, Augmented Reality, Instagram, Senyawa Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fatwati |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 06:30 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 06:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |