Safandio, Gevin (2022) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NASKAH DRAMA “ROTI BUAYA” MPOK TAWIKARYA ARTHUR S. NALAN. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (626kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (735kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (395kB) |
Abstract
Safandio, Gevin. 2021. Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Drama “Roti Buaya" Mpok Tawi karya Arthur S. Nalan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Hj. Yusra D., M.Pd, Pembimbing: (II) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd Kata Kunci: Nilai pendidikan Karakter, Drama Roti Buaya Mpok Tawi Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan wujud nilai-nilai pendidikan karakter, nilai pendidikan karakter pada masing-masing tokoh dan penyampaian nilai pendidikan karakter yang digunakan pengarang dalam naskah Drama Roti Buaya Mpok Tawi karya Arthur S. Nalan. Jenis penelitian ini tergolong sebagai penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data yang digunakan yaitu Naskah Drama Roti Buaya Mpok Tawi karya Arthur S. Nalan. Analisis data dilakukan dengan cara analisis konten. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) wujud nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam naskah Drama Roti Buaya Mpok Tawi karya Arthur S. Nalan yaitu: religius, jujur, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta dalami, peduli sosial dan bertanggung jawab. 2) Nilai Pendidikan Karakter pada Diri Masing- masing Tokoh dalam Naskah Drama Roti Buaya Mpok Tawi Karya Arthur S. Nalan yaitu: (a) Mpok Tawi: Toleransi, cinta tanah air, kerja keras, religius, semangat kebangsaan, dan sikap bertanggung jawab; (b) Kesih: Jujur, kerja keras, dan memiliki sikap bertanggung jawa; (c) Mardali: Jujur, rasa ingin tahu, kreatif dan cinta tanah air; (d) Sadeli: Semangat kebangsaan, jujur, religius, cinta damai dan peduli sosial; dan (e) Duloh: Menghargai prestasi dan sikap bertanggung jawab. 3) Penyampaian Nilai Pendidikan Karakter yang Digunakan Arthur S. Nalan sebagai Pengarang dalam Naskah Drama Roti Buaya Mpok Tawi cenderung dalam bentuk kalimat dan pernyataan-pernyataan sindiran yang dilakukan masyarakat terhadap para politikus pemerintahan di rangkum dalam percakapan yang sederhana dan kalimat sehari-hari sehingga terasa lebih santai dan apa adanya. Berdasarkan temuan penelitian tersebut, maka naskah Drama Roti Buaya Mpok Tawi karya Arthur S. Nalan sangat layak untuk diterapkan dalam kurikulum atau dijadikan sebagai salah satu bahan ajar sastra di tingkat sekolah menengah. Sehingga siswa dapat menerima, menyerap, memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam naskah drama tersebut.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Safandio |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 03:00 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 03:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |