Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Jambi Terintegrasi Literasi Matematika, Argumentasi dan Berpikir Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

SUTRIMO, SUTRIMO (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Jambi Terintegrasi Literasi Matematika, Argumentasi dan Berpikir Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. S3 thesis, doktor Pendidikan MIPA.

[img] Text
DISERTASI LENGKAP YUDISIUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER DISERTASI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
9. BAB VI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf

Download (313kB)

Abstract

ABSTRAK Sutrimo, 2022. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Jambi Teintegrasi Literasi Matematika, Argumentasi dan Berpikir Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Doktor Pendidikan MIPA, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Kamid, M.Si, (II) Prof. Dr. ret. nat. Asrial, M. Si, (III) Ir. Bambang Hariyadi, M. Si., Ph.D. Dalam pembelajaran matematika kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih rendah. Hal ini salah satunya disebabkan oleh proses pembelajaran yang belum memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kreativitasnya dalam menyelesaikan masalah. Diperlukannya proses pembelajaran yang kontekstual sehingga dapat memicu dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan yakni mengkontruksi dan mengembangkan model pembelajaran matematika berdasarkan masalah berbasis budaya Jambi terintegrasi literasi matematika, argumentasi, berpikir kritis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 tahap, tahap pertama pengembangan konseptual yang dikembangkan berdasarkan prosedur sintesis Lee and Jang dengan pendekatan Theory-driven conceptual Instructional Design Models tipe F1-O1-S1-A1 serta tahap kedua yaitu implementasi model Problem Based Learning berbasis budaya Jambi (PMBM-BJ) bertujuan untuk melihat pengaruh dan interaksi variabel bebas dan variabel moderator terhadap variabel hasil. Analisis data menggunakan dua tahapan, yaitu analisis prosedur pengembangan konseptual melalui proses konstruksi dan validasi serta analisis penelitian eksperimen menggunakan desain faktorial melalui tes essay. Penelitian ini dilakukan kepada 32 responden peserta didik kelas VII di SMPN 8 Tanjung Jabung Timur. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa prosedur penyusunan konsep dan hasil analisis tahapan pengembangan model PMBM-BJ, hasil analisis validasi internal dan eksternal, serta tahapan proses implementasi model PMBM-BJ. Selanjutnya penelitian eksperimen model PMBM-BJ menunjukkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik meningkat dan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model PMBM-BJ dan literasi matematika, model PMBM-BJ dan argumentasi namun terdapat interaksi antara model PMBM-BJ dan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir kreatif. Dapat disimpulkan bahwa model PMBM-BJ layak untuk digunakan di kelas terkhusus pada pembelajaran Matematika di sekolah. Kata Kunci: Pengembangan Model PBL, Budaya Jambi, Literasi Matematika, Argumentasi, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif Matematis, Peserta didik.

Type: Thesis (S3)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Pendidikan MIPA
Depositing User: SUTRIMO
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:41
Last Modified: 08 Oct 2025 01:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43522

Actions (login required)

View Item View Item