SUTRIMO, SUTRIMO (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Jambi Terintegrasi Literasi Matematika, Argumentasi dan Berpikir Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. S3 thesis, doktor Pendidikan MIPA.
![]() |
Text
DISERTASI LENGKAP YUDISIUM.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER DISERTASI.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
9. BAB VI.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf Download (313kB) |
Abstract
ABSTRAK Sutrimo, 2022. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Jambi Teintegrasi Literasi Matematika, Argumentasi dan Berpikir Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Doktor Pendidikan MIPA, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Kamid, M.Si, (II) Prof. Dr. ret. nat. Asrial, M. Si, (III) Ir. Bambang Hariyadi, M. Si., Ph.D. Dalam pembelajaran matematika kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih rendah. Hal ini salah satunya disebabkan oleh proses pembelajaran yang belum memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kreativitasnya dalam menyelesaikan masalah. Diperlukannya proses pembelajaran yang kontekstual sehingga dapat memicu dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan yakni mengkontruksi dan mengembangkan model pembelajaran matematika berdasarkan masalah berbasis budaya Jambi terintegrasi literasi matematika, argumentasi, berpikir kritis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 tahap, tahap pertama pengembangan konseptual yang dikembangkan berdasarkan prosedur sintesis Lee and Jang dengan pendekatan Theory-driven conceptual Instructional Design Models tipe F1-O1-S1-A1 serta tahap kedua yaitu implementasi model Problem Based Learning berbasis budaya Jambi (PMBM-BJ) bertujuan untuk melihat pengaruh dan interaksi variabel bebas dan variabel moderator terhadap variabel hasil. Analisis data menggunakan dua tahapan, yaitu analisis prosedur pengembangan konseptual melalui proses konstruksi dan validasi serta analisis penelitian eksperimen menggunakan desain faktorial melalui tes essay. Penelitian ini dilakukan kepada 32 responden peserta didik kelas VII di SMPN 8 Tanjung Jabung Timur. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa prosedur penyusunan konsep dan hasil analisis tahapan pengembangan model PMBM-BJ, hasil analisis validasi internal dan eksternal, serta tahapan proses implementasi model PMBM-BJ. Selanjutnya penelitian eksperimen model PMBM-BJ menunjukkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik meningkat dan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model PMBM-BJ dan literasi matematika, model PMBM-BJ dan argumentasi namun terdapat interaksi antara model PMBM-BJ dan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir kreatif. Dapat disimpulkan bahwa model PMBM-BJ layak untuk digunakan di kelas terkhusus pada pembelajaran Matematika di sekolah. Kata Kunci: Pengembangan Model PBL, Budaya Jambi, Literasi Matematika, Argumentasi, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif Matematis, Peserta didik.
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S3 Pendidikan MIPA |
Depositing User: | SUTRIMO |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 08:41 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 01:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |