Purba, Melkia D. (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS IX SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
![]() |
Text
SKRIPSI MELKIA D. PURBA.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (512kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (401kB) |
Abstract
Purba,Melkia D. 2022. Pengaruh Penggunaan Metode Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. M. Salam, M.Si. Pembimbing (2) Dona Sariani S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Quantum Teaching, Pembelajaran PPKn Hasil belajar ialah bentuk perubahan perilaku dan wawasan seseorang setelah ikut serta dalam suatu sistem pembelajaran, yang kemudian menjadi landasan dasar dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Berdasarkan pengamatan peneliti di kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi, peneliti menemukan masalah mengenai hasil belajar siswa, Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi, peneliti menemukan masalah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Melihat nilai hasil belajar siswa yang berada dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), sehingga masalah yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penggunaan Metode Quantum Teaching dalam pembelajaran PPKn bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta meningkatkan kemampuan kerja siswa baik individu maupun kelompok. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan Pre Eksperiment dengan desain Pretest- Postest Control Group Desain. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi, dengan sampel 2 kelas yang terdiri dari kelas IX D dan IX E berjumlah 56 orang siswa. Tehnik pengambilan data dilakukan dengan penggunaan tes yang sebelumnya telah diujivaliditas untuk mengetahui kelayakan butir soal sebelum diuji kepada siswa. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji komparatif untuk mengetahui perbedaan sampel,dilanjutkan dengan uji t dan uji N-Gain. Hasil analisis data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan uji terhadap postest kelas eksperimen dan kelas kontrol yang memperoleh hasil signigikansi (2-tailed)0,00<0,05 maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Hasil uji N-Gain pada penelitian ini memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,00<0,05 dengan rata-rata N-Gain kelas eksperimen 35,5 dan kelas kontrol 1,38 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Quantum Teaching dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dibandingkan kelas yang tidak menggunakan metode atau kelas konvensional.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | Purba |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 07:19 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 07:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |