APRILYANI, NISAK KHORI (2023) IDENTIFIKASI FAKTOR PENDUKUNG KESIAPAN KARIER SISWA SMK NEGERI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK NISAK.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
Persetujuan Skripsi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
full skripsi (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Salah satu hal terpenting yang dilakukan di masa remaja adalah persiapan memilih karir masa depan. Kenyataan dilapangan menunjukan bahwa kurangnya pendukung dalam kesiapan karir dan masih merasa kurang berani mengembangkan diri dalam kesiapan karirnya sesuai dengan potensi diri dan kemampuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor kesiapan karir siswa di SMKN 4 Kota Jambi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 68 siswa responden yang diambil melalui Teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model dikhotomis dengan penetapan dua optional jawaban. Hasil penelitian secara umum menunjukan persentase rata-rata yaitu sebesar 66,85% dilihat dari kriteria penafsiran persentase tergolong kategori “Tinggi. Jika dilihat perindikator menggunakan rumus persentase, pada aspek Percaya diri memperoleh persentase sebesar 73,69% dengan kategori “Tinggi”. aspek Tanggung Jawab memperoleh persentase sebesar 83,82% dengan kategori “Tinggi. aspek Mengarahkan dan Mengembangkan Diri memperoleh persentase sebesar 80,39% dengan kategori “Tinggi. Pada aspek Tekun, Inisiatif, Kreatif memperoleh persentase sebesar 72,61% dengan kategori “Tinggi”. Selanjutnya pada aspek Keinginan Mengerjakan Sesuatu Tanpa Bantuan Orang Lain memperoleh persentase sebesar 84,31% dengan kategori “Tinggi”. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kesiapan karir siswa dinilai cukup tinggi. Guru BK diharapkan dapat memberikan lebih lagi informasi dan membuat program-program dalam kesiapan karir sehingga siswa mendapatkan pengaruh positif dan merasa yakin pada diri siswa tersebut. Dengan adanya peran guru BK dalam memberikan informasi siswa lebih yakin dalam kesiapan karirnya dan membantu siswa memahami dalam ketepatan pemilihan karir, sehingga siswa mampu merencanakan karir dari sekarang secara matang dalam mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan. Kata Kunci : Kesiapan Karir, Karir
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Karir, Karir |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | APRILYANI |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 03:35 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 08:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43688 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |