KURNIA, ANISA (2022) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK HIPERAKTIF. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI ANISA KURNIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menumbuhkan minat belajar anak hiperaktif di kelas III SD Negeri 65/III Sanggaran Agung. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 65/III Sanggaran Agung pada Maret 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa hiperaktif terdiri dari beberapa tahapan yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran, sebelum melaksanakan pembelajaran, guru melakukan persiapan dengan menyiapkan RPP yang menarik, menyiapkan media pembelajaran dan strategi pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran, pada tahap ini guru menggunakan beberapa strategi. Strategi yang guru gunakan dalam menumbuhkan minat belajar anak hiperaktif yaitu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran, guru mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking, selama kegiatan pembelajaran guru memberikan motivasi kepada siswa hiperaktif, guru memberikan reward kepada siswa hiperaktif, dan guru menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. 3) Evaluasi, Kegiatan evaluasi dilakukan guru dengan cara menilai dari perasaan senang siswa, ketertarikan siswa, perhatian siswa dan keterlibatan siswa, dan juga dari pengerjaan tugas dan pengumpulan tugas oleh siswa hiperaktif. Guru melakukan kegiatan evaluasi pada saat akhir kegiatan pembelajaran dengan memberikan siswa soal yang berkaitan dengan materi di hari itu. Guru juga mengevaluasi strategi yang sudah guru lakukan dalam menumbuhkan minat belajar siswa hiperaktif. Penerapan strategi-strategi yang telah dilakukan oleh guru sudah dapat menumbuhkan minat belajar pada siswa hiperaktif, terlihat pada perasaan senang siswa hiperaktif, ketertarikan siswa, perhatian siswa, dan keterlibatan siswa hiperaktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Belajar, Anak Hiperaktif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Minat Belajar, Anak Hiperaktif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | KURNIA |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 02:08 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 02:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43961 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |