ardius, ahmad (2023) KOMPETENSI GURU DALAM PRAKTIKUM: STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI SMP OGAN ILIR. S2 thesis, MPIPA UNJA.
![]() |
Text
TESIS AHMAD ARDIUS NIM P2A521020.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER (1).pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HAlaman Pengesahan.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB I..pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB V..pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
Abstract
ABSTRAK Ardius, A. 2022. Kompetensi Guru Dalam Praktikum: Studi Kasus Pada Pembelajaran IPA Terpadu Di SMP Ogan Ilir. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Prof. Dr. Revis Asra, M.Si. Pembimbing II Prof. Drs. Maison, M.Si., Ph.D. Ilmu Pengetahuan Alam bukan sekedar penguasaan pengetahuan terhadap fakta, konsep maupun prinsip tetapi merupakan proses penemuan. Pembelajaran IPA esensialnya harus dilaksanakan secara terpadu disertai praktikum. Fakta terjadi dilapangan, guru IPA, bukanlah guru yang memiliki dasar Pendidikan IPA, umumnya berlatar belakang pendidikan konsentrasi berupa biologi, fisika maupun kimia saja, sehingga guru-guru pengajar IPA di SMP banyak yang kurang kompeten melakukan praktikum pada materi diluar jalur konsentrasi pendidikannya. Penelitian ini bertujuan mengkaji kompetensi guru IPA dalam praktikum, memperoleh informasi kompetensi guru dalam praktikum dan mengamati permasalahan guru dalam praktikum IPA SMP di Kabupaten Ogan Ilir. Metode digunakan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Tempat studi penelitian tiga sekolah terbaik di kabupaten Ogan Ilir, pada guru IPA kelas VII disemester gasal. Teknik pengumpulan data menggunakan istrumen berupa peneliti sendiri dibantu pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian meliputi gambaran umum lokasi penelitian, hasil wawancara dan observasi praktikum. Gambaran umum ketiga sekolah sangat mendukung pelaksanaan praktikum karena sudah tersedianya laboratorium. Hasil wawancara persepsi guru tentang praktikum IPA, ketiga informan menjawab sangat penting untuk dilaksanakan, semua informan menemukan kesulitan dan terkendala dalam praktikum IPA untuk materi diluar latar belakang pendidikan informan, alasan utama karena setiap Guru IPA mendapatkan materi kurang mendalam dan hanya pada pengetahuan dasar diluar jalur bidang studinya. Hasil observasi kompetensi guru pada praktikum semua informan melaksanakan ketiga tahapan praktikum. Semua informasi mengindikasikan bahwa guru kurang kompeten pada langkah-langkah praktikum. Informan yang paling kurang kompetensinya adalah informan dengan masa kerja singkat, status honorer, belum sertifikasi, serta belum melakukan pengembangan diri. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kompetensi guru dalam praktikum IPA Terpadu di Kabupaten Ogan Ilir belum baik, penyebabnya karena latar belakang pendidikan IPA yang terbatas pada satu bidang keilmuan saja sehingga mengakibatkan praktikum tidak dilaksanakan sesuai prinsip minimal pembelajaran. Kompetensi guru dalam praktikum dipengaruhi oleh setatus PNS, sertifikasi. lamanya pengalaman mengajar dan pengembangan diri. Kata kunci: Kompetensi guru, praktikum IPA Terpadu, studi kasus
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AHMAD ARDIUS |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 08:41 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 08:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44191 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |