Wulandari, Debi Gusrika (2022) Peningkatan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Teknik Meronce di TK Negeri Sungai Bengkal. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (350kB) |
Abstract
Debi Gusrika Wulandari. 2022. Peningkatan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Teknik Meronce di TK Negeri Sungai Bengkal. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Rizki Surya Amanda, M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas, Teknik Meronce Latar belakang dari penelitian ini adalah kreativitas anak harus dilatih sejak dini karena akan menentukan kemampuan anak untuk menunjukkan bakat yang mereka miliki. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah menerapkan teknik meronce dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan pada saat melakukan teknik meronce, anak akan melakukan kegiatan belajar sambil bermain yang membutuhkan pemikiran kreatif, kemampuan motorik dan pola-pola yang sesuai dengan keinginan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik meronce dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 Tahun di TK Negeri Sungai Bengkal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan melakukan refleksi pada akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kreativitas anak usia 5-6 Tahun di TK Negeri Sungai Bengkal pada pratindakan sebesar 36,93. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kreativitas anak usia 5-6 Tahun di TK Negeri Sungai Bengkal mengalami peningkatan pada pertemuan 1 sebesar 40,40, pertemuan 2 41,47 dan pertemuan 3 47,47. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 47,87, pertemuan 2 53,80 dan pertemuan 3 sebesar 57,33. Pada siklus III rata-rata pertemuan 1 sebesar 64,07, pertemuan 2 72,80 dan pertemuan 3 sebesar 80,40. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik meronce dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Sungai Bengkal dengan peningkatan yang sangat baik melebihi batas ketuntasan 70 yaitu 80,40 dan berada pada kategori tinggi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Teknik Meronce |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Wulandari |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 04:39 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 04:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |