Oktavia, Anggi Melva (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL IV KOTA JAMBI TAHUN 2021/2022. S1 thesis, PG PAUD.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
Abstract
Abstrak Oktavia Anggi Melva. 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi., Pembimbing (1) Dr. Indriyani, S.Pd., M.Pd.I. Pembimbing (2) Akhmad Fikri Rosyadi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berhitung AUD, Video Animasi. Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kemampuan berhitung atau mengenal konsep matematika anak usia 5-6 tahun yang masih belum berkembang maksimal. Hal ini dibuktikan dengan hasil setelah semua anak diberikan soal berhitung berupa instrument test dimana tiap anak menanggapi soal berupa hitungan, mencocokkan, menjumlahkan. Dimana anak sulit untuk berhitung berdasarkan benda yang ada. Dalam hal ini ada beberapa masalah yang terkait kemampuan konsep matematika yang harus diperbaiki sehingga kemampuan anak dapat berkembang dengan baik. Berdasarkan rumusan masalah pada penelitian ini apakah terdapat pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap kemampuan konsep matematika anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap kemampuan konsep matematika anak usia 5-6 tahun. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat pengaruh media pembelajaran video animasi tehadap kemampuan konsep matematika anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode pre-eksperimen design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 73 anak, sedangkan sampel penelitiannya anak kelompok B kelas B4 dengan jumlah anak sebanyak 14 anak. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling purposive. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas danUji Hipotesis (Uji T). Berdasarkan hasil uji one sample t-test yang dilakukan dengan menggunakan software SPSS didapatkan nilai (0,001) < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan konsep matematika anak antara pre-test and saat post-test. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi berpengaruh terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Oktavia |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 07:53 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 07:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44360 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |