YURNITA, WILA (2023) PENGARUH PERANAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SMA N 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI SIDANG_08 FEBRUARI 2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
976fed77-edb6-4bda-ac77-6de6ce2b3f47.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (71kB) |
Abstract
ABSTRAK Wila Yurnita. 2023. Pengaruh Peranan Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa SMA N 6 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Dra. Hj. Aprillitzavivayarti, M.M. (2) Dr. Robi Hendra, S.Pd., M. Pd. Kata Kunci:Peranan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Kedisiplinan Siswa Penelitian ini di latarbelakangi oleh data yang ditemukan pada saat observasi yang menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa di SMA N 6 Kota Jambi masih cukup rendah masih banyk siswa yang belum taat terhadap peraturan maupun budaya kedisiplinan di SMA tersebut. Untuk merespons hal itu maka peneliti melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa SMA N 6 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu peranan kepala sekolah dan budaya sekolah sedangkan variabel dependennya kedisiplinana siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa yang berada di SMA N 6 Kota Jambi. Sampel yang dilakukan dengan metode simpel random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan kepada siawa melalui Google Forms sebanyak 150 responden. Teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Dengan bantuan aplikasi SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peranan kepala sekolah memiliki pengaruh terhadap kedisiplinan siswa di SMA N 6 Kota Jambi dengan nilai T hitung 12.348, sedangkan nilai ttabel 1.976, maka H0 ditolak. Besarnya pengaruh X1 terhadap Y sebesar 50,6% (2) terdapat pengaruh budaya sekolah terhadap kedisiplinan siswa, dengan nilai thitung sebesar 15.602, sedangkan nilai ttabel sebesar 1.976. maka H0 ditolak dan Ha diterima. Besarnya pengaruh X2 terhadap Y sebesar 62%. (3) peranan kepala sekolah dan budaya sekolah berpengaruh secara bersama- sama terhadap kedisiplinan siswa, dapat dilihat pada nilai Fhitung lebih besar dari pada Ftabel yaitu 137> 3,06, maka H0 ditolak Dan Ha diterima. Besarnya pengaruh peranan kepala sekolah dan budaya sekolah adalah sebesar 65%. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah agar dapat melaksanakan peranannya sesuai dengan peraturan yang telah berlaku , karena penelitian membuktikan bahwa tingkat peranan kepala sekolah dapat meningkatkan kedisiplinan pada siswa. Disamping peranan kepala sekolah budaya sekolah juga harus di perhatikan karena dengan di terapkannya budaya sekolah dengan baik maka kedisiplinan pada siswa akan meningkat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Kedisiplinan Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Yurnita |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 04:56 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 04:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45240 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |