Qodriyah, Qodriyah (2023) Pengaruh Kemampuan Mengelola Emosi Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 3 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
cover SKRIPSI.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
Pengesahanpersetujuan.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena mengenai konsentrasi belajar siswa yang belum maksimal pada saat kegiatan belajar, hal ini dilihat pada saat belajar ditemui siswa yang melamun, mengobrol dengan teman, dan perasaan bosan membuat siswa tidak konsentrasi belajar. Perasaan negatif saat belajar merupakan bagian dari hal yang berdampak pada konsentrasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar persentase kemampuan mengelola emosi dan konsentrasi belajar, serta pengaruh kemampuan mengelola emosi terhadap konsentrasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Konsentrasi belajar yaitu kemampuan siswa dalam memusatkan perhatian pikiran dan perbuatan pada saat proses pembelajaran dengan mengesampingkan hal yang tidak berhubungan. Kemampuan mengelola emosi yaitu kemampuan individu dalam menangani emosinya sehingga dapat terungkap secara tepat dan tidak mengganggu aktivitasnya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode expost facto teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dengan uji validitas dan reabilitas untuk mengetahui ketetapan instrumen. The data analysis technique used Formula C, normality test, linearity test, simple regression analysis with the help of SPSS 25. The sampling technique used stratified random sampling with a total sample of 266 students of class X and XI. The findings of this study can be concluded that in general the ability to manage students' emotions includes recognizing emotions, knowing the causes of emotions, being able to find alternative ways of dealing with emotions, being able to determine how to deal with emotions, emotions expressed appropriately are at a moderate percentage (59%), student learning concentration which includes concentrating, paying attention and carrying out learning according to the objectives is at a moderate percentage (57%). The influence between the two variables is classified as quite strong (23.2%). Guidance and counseling teachers should be able to assist students in maintaining and improving their ability to manage their emotions so that student learning concentration can also be even better.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan mengelola emosi dan konsentrasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Qodriyah |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 03:29 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 03:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |