PUTRI, ANGGI RIZKA (2023) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MEMPERERAT HUBUNGAN PERTEMANAN SISWA DI SMP NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ANGGI RIZKA PUTRI_A1E118046.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Remaja adalah masa transisi dari kanak-kanak menuju dewasa yang ditandai dengan perkembangan kehidupan sosialnya salah satunya adalah hubungan pertemanan. Menjalin hubungan pertemanandapat dilakukan di lingkungan sekolah dan jugadi lingkungan rumah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat pertemanan kelompok kontrol dan eksperimen sebelum dan sesudah diberikan layanan serta melihat apakah ada perbedaan antara kelompok kontrol dan eksperimen sebelum dan sesudah diberikan layanan di SMP Negeri 2 Kota Jambi. Pertemanan merupakan hubungan yang melibatkan dua orang atau lebih yang kerap kali menghabiskan waktu bersama ( Salsabila, 2019). Namun kerap kali cukup sulit bagi beberapa orang untuk menjalin pertemanan di lingkungannya, yang salah satu penyebabnya ialah baru saja memasuki lingkungan yang baru bagi dirinya. Penelitian terbatas pada siswa disekolah yang memiliki hubungan pertemanan yang rendah, serta responden pada penelitian ini merupakan kelas VII. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain kuasi eksperimen menggunakan nonequivalent control group design, menggunakan teknik pengumpulan data berupa instrumen angket. Ketetapan instrumen angket menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji analisis data yang dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 24. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t-test dengan sampel berjumlah 20 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hubungan pertemanan siswa dengan nilai rata-rata sebesar 19.2 untuk kelas eksperimen, dan 15,2 untuk kelas kontrol. Hal ini bersamaan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan didapatkan Thitungyaitu sebesar 2,95248 sedangkan Ttabel dengan hasil sebesar 2,101. Sehingga apabila dimasukkan kedalam rumus hipotesis Thitung> Ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan tradisional dapat mempererat hubungan pertemanan siswa. Kata kunci : Hubungan Pertemanan, Layanan Bimbingan Kelompok, Permainan Tradisional
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan Pertemanan, Layanan Bimbingan Kelompok, Permainan Tradisional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 03:14 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 03:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |